LH. Dini Official

Pandemi Masih Ada Tapi Pengen Banget Liburan, Mending Staycation Aja

Hai, happy weekend ges.

Biasa kalau wiken gini saya akan posting sesuatu yang berhubungan dengan hiburan dan liburan, biar momen istirahat kalian tambah mantep.

Beberapa waktu lalu saya pernah posting tulisan tentang Staycation di artikel bawah ini klik aja kalau mau dibaca.

The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, Tempat Asik Untuk Staycation Bareng Anak

Nah ada yang nanya sebenarnya Staycation itu apasih?, bagi yang belum tahu aja nih saya bagi info yang saya dapat dari Traveloka yah.

Apa itu Staycation?

Staycation berasal dari dua kata bahasa Inggris yakni stay dan vacation. Stay bisa diterjemahkan menjadi “tinggal”, sedangkan vacation memiliki arti “liburan”. Jika digabungkan, maka kedua kata ini bisa diartikan secara sederhana sebagai liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat.

Sedangkan, menurut Cambridge Dictionary, definisi Staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Meskipun bisa dikatakan trend staycation baru meledak di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, di Amerika Serikat trend staycation sudah dikenal sejak tahun 2003, lho! Di Indonesia sendiri, trend staycation cenderung lebih banyak ditemukan di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan juga Surabaya.

Umumnya, hotel, apartment, dan villa menjadi pilihan favorit tujuan staycation di Indonesia. Hotel atau akomodasi lainnya yang nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap, dianggap mampu memberikan suasana berbeda daripada menghabiskan hari libur berdiam diri di rumah. Lokasi hotel atau apartment yang berdekatan dengan pusat hiburan lainnya seperti Mall atau kawasan kuliner menjadi nilai tambah.

Staycation sendiri bisa dilakukan sendiri, bersama teman-teman, atau bahkan bersama keluarga. Baik untuk mengisi hari libur, menghabiskan akhir pekan, atau merayakan sesuatu (seperti anniversary pernikahan dan ulang tahun), staycation kerap menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik.

Lalu, mengapa staycation kini semakin diminati?

1. Perencanaan yang Lebih Mudah

Alasan pertama mengapa staycation lebih diminati adalah karena trend liburan satu ini jauh lebih mudah direncanakan daripada gaya vacation konvensional. Cukup dengan memesan hotel atau apartemen dan villa kamu tanpa perlu memusingkan itinerary kamu sudah bisa melakukan staycation.

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Salah satu pertimbangan utama mengapa staycation lebih sering menjadi pilihan adalah harganya yang lebih terjangkau. Kamu tak perlu menyiapkan dana untuk tiket penerbangan atau tiket untuk masuk ke wahana-wahana wisata karena biaya utama dalam staycation adalah biayaakomodasi saja.

3. Tidak Memakan Banyak Waktu

Karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh keluar kota, staycation bisa kamu lakukan tanpa perlu menunggu libur panjang atau mengajukan cuti. Umumnya akhir pekan saja sudah cukup untuk kamu bisa merencanakan staycation di dalam kota. Tapi, tak jarang pula orang yang memanfaatkan libur panjang untuk melakukan staycation di luar kota.

4. Sama-sama Mampu Memberikan Efek Refreshing

Meskipun terkesan sederhana dan bisa dilakukan dalam waktu singkat, ternyata staycation banyak dipilih karena mampu menghadirkan atmosfer berbeda sehingga bisa memberikan efek refreshing yang sama dengan pergi traveling atau liburan keluar kota.

Nah udah pada tahu kan sekarang istilah Staycation yang sekarang makin jadi trend di kota-kota besar. Buat kalian yang masih parno sama covid tapi hajat ingin liburan akibat PPKM yang berlevel-level kayak Boncabe sudah ga bisa dibendung, bisa di coba nih buat staycation di hotel dan sejenis-nya.

Karena kalian ga perlu jauh-jauh dan berbaur dengan banyak orang di jalan atau di destinasi wisata. Kalian tinggal pilih deh bermacam hotel yang ada di aplikasi kayak Traveloka, Booking.com, Agoda dan lain-nya. Dan buat kalian para kaum rebahan cocok banget deh kalau rebahan nya sekali-kali pindah ke hotel, apartemen, resort, atau villa biar ganti suasana ha ha.

Nah tertarik buat nyobain pengalaman staycation? yuklah dicobain, kita refreshing bareng-bareng dengan style ala staycation ;D. Atau kalian yang udah hobi banget staycation boleh lah di sharing pengalaman nya di komen, mana tahu banyak temen-temen disini yang terinspirasi dari pengalaman staycation kamu ges.

Oke segini dulu ya sharing info nya, sampai jumpa di postingan hiburan dan liburan selanjut nya.

Stay health, stay happy, stay positve and spread love not hate.

 

Avignam Jagat Samagram

Baca juga:

Bermain Sambil Belajar Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Cara Menuju Wisata Sejarah Goa Selarong

 

 

Facebook Comments Box
mm

LH. Dini

Seorang INFJ produk Mayor Minor Biologi - Teknologi Pangan IPB yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang

Konten tulisan adalah ekspresi hati, pikiran, pengetahuan dan pengalaman hidup yang pernah di jalani

Karena jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Tinggal di Yogyakarta, bisa di kontak pada : lulu.biologistindo@gmail.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.