LH. Dini Official

Bermain Sambil Belajar Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Halo sobat petualang udah hari minggu aja nih ya, kalian udah ada rencana kemana hari ini ?

Kalo saya sih dirumah aja lagi mager keluar-keluar, gerak nya di dalem rumah aja beberes kekenceng, cuci piring, cuci baju dan membangkitkan ingatan dengan nulis. Maklum nih buntut udah 2 kok makin merasa amnesia jadi sering lupaan, dan menulis adalah cara terbaik untuk mengatasi lupa he he.

Belajar sambil bermain di pantai Pok Tunggal

Kali ini saya mau berbagi inspirasi mengenai destinasi traveling yang bagus, ga hanya buat kita tapi juga anak-anak. Yaitu salah satu pantai di pesisir selatan Yogyakarta, tepat nya di Gunung Kidul. Nama pantai nya adalah Pok Tunggal, pertama kali tahu pantai ini dari suami, maklum deh kalau info tentang dunia perlautan dia emang jago nya. Kata suami ini salah satu pantai di pesisir selatan yang masih bagus dan juga ga gitu ramai. Dalam benak saya kalau masih ga begitu ramai pasti biota laut nya beragam, bisa nih buat jadi ajang Quin belajar sambil bermain mengenal biota laut karena dia tahu nya cuma dari Spongebob ha ha. Kira-kira sesuai ekpektasi ga ya? hmmm lanjut baca dulu yuk ;D.

Pantai Pok Tunggal
Dokumentasi pribadi.

Lokasi

Pok Tunggal merupakan pantai yang berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, satu kawasan dengan Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya berada di pegunungan, walaupun begitu jalanan nya udah rapi kok ges petunjuk arah nya pun jelas, cuma terasa panjaaaaang berkelok kelok seperti liku kehidupan ini heheu. Lokasi nya ga begitu jauh dari pantai Indrayanti yang sudah lebih dulu dikenal namanya. Kalau kalian yang pernah berkunjung ke pantai Siung  dan Indrayanti gunakan jalur yang pernah kalian pakai.

Perjalanan Menuju Pantai Pok Tunggal

Kami berangkat dari Delta homestay di daerah Prawirotaman, masih daerah pusat kota sih karena waktu itu belum pindah ke sini jadi kita berasa turis aja. Berangkat agak kesiangan jadi cuma sekitar 2 jam an ada disana, badan masih pada capek habis menempuh perjalanan dari Surabaya. jadi weh paginya kita masih pengen tiduran di kamar bangun-bangun lah udah jam 12 an ;v. Sholat zuhur, beli jajan buat bekel di pantai dan kita berangkat jam 12. 30 waktu Indonesia bagian kebluk wkwkw.

Dari kota Yogyakarta, kami menempuh jarak kurang lebih 70 kilometer. Rute yang kami tempuh yaitu, dari kota Yogyakarta menuju Piyungan melewati Patuk. Kemudian dari Sambipitu menuju Siyono-melewati bunderan Tugu BPD.

Dilanjutkan ke jalan Kyai Legi-jalan Lingkar Selatan-jalan KRT Djojodiningrat-jalan Girisubo-Wonosari-jalan Saptosari. Dari situ kami sudah dekat dengan Tepus yang mengarah ke pantai Baron. Sampai pertigaan sebelum menuju pantai Baron, kami belok kiri ke Pantai Indrayanti.

Ketemu pertigaan lagi, kami belok kiri, darisana kami mengikuti jalan aspal sampai pos retribusi dan melihat petunjuk jalan ke pantai bernama Pok Tunggal. Walaupun jalan masuk menuju pantai ini masih berupa jalan tanah berbatu, tapi ga terlalu sulit untuk mencapainya.

Total waktu perjalanan dari kota Yogya sekitar 2,5 jam, karena kami sempat salah ambil jalan biasanya ga sampe 2 jam udah bisa tiba ke lokasi. Tapi ya kami emang traveler suka-suka. suka cari jalan sendiri karena setiap ketersesatan adalah sebuah petualangan baru yang kadang terasa lebih mengesankan aihh. Jangan ditiru ya kalau ga mau repot wkwk.

Kami sampai di Pok Tunggal sekitar jam setengah 4 sore, ga buntung-buntung banget sih karena hawa nya jadi lebih sejuk ga panas kentang-kentang. Suasana jadi lebih syahdu, pengunjungpun ga banyak jadi kita bisa puas eksplor kesana sini.

Eh sampai juga.

Kesan Pertama

Pertama kali lihat penampakan pantai ini tuh bikin excited, dari kejauhan jalanan diatas bukit udah bisa keliatan. Karena jalan menjelang masuk pantai pemandangan juga bagus walapun agak sedikit kering, bagus juga buat yang suka selfong. Suasana sepi karena udah sore ya, tapi kami masih ketemu pengunjung lain beberapa kelompok. Segera masuk dan markirin kendaraan, terus langsung cus deh ke pantai.

Disambut hamparan ganggang hijau di Pantai Pok Tunggal

 

Waktu itu air lagi surut jadi pinggiran pantai nya kelihatan jelas menghampar permadani hijau dari ganggang laut. Ada juga jenis ganggang-ganggang yang lain, biota laut nya banyak si Quin sampe bengong-bengong sambil ngamatin. Ombak di pantai ini juga ga sekencang yang ada di Parangtritis jadi lumayan aman buat main air.

Aktifitas yang bisa dilakukan disini

Main Pasir

Bibir pantai di Pok Tunggal dihimpun sama pasir putih yang halus, buat bocah bocah ini mah syurga. Quin main pasir sampai menjelang gelap, ga mau pulang sampai bener-bener ga ada cahaya.

Pantai Pok Tunggal asik untuk bermain pasir
Bisa belajar dan bermain bareng anak di Pantai Pok Tunggal.
Bener-bener khusyuk bermain pasir heheu.
Pasir pantai pok tunggal halus dan bersih kayak gini.
Pasirnya buat tiduran juga enak.

Eksplor Pantai

Mumpung air lagi surut saya pakai buat ngajak Quin liat-liat biota laut, ada banyak bintang laut, ikan-ikan yang ngumpet di celah batu, siput-siput laut, gurita, cacing laut berambut, macam-macam ganggang dan banyak lain nya. Cuma saya agak takut sama cacing laut serem gitu bentuknya, belum tahu ini jenis yang beracun apa engga.

Belajar sambil bermain di pantai pok tunggal, pantai yang seru untuk ngajarin anak eksplor alam.
banyak ganggang hijau di pantai pok tunggal.
Di pantai pok tunggal bisa nemu siput lau beginian amazing deh.
Di celah bebatuan jadi rumah buat ikan salamander.
Di pantai pok tunggal banyak bintang ular nya.
Seru ngikutin Bapak pencari gurita.
Ga cuma anak nya yang seneng, bapaknya juga lelarian kek bocah di Pantai Pok Tunggal ;v.

Berenang

Kalau air nya lagi agak pasang sedikit kalian bisa berenang sambil snorkling, karena air lautnya bening ga tercampur pasir. Tapi kalau pasang nya tinggi janganlah main aman aja. Jangan lupa bawa alat sendiri ya karena ga disediain.

Camping

Disini asik banget kayaknya kalau camping, dalam pikiran saya. Eh bener ternyata emang ada jasa persewan tenda camping. Cuma kami ga camping karena harus balik mungkin nanti lain waktu sambil bebakaran. Untuk keperluan MCK sudah ada banyak, mushola pun ada, warung makan juga ada jadi ga usah khawatir ya.

Camping sambil bakar gurita sedap ga heheu

Hunting Sunset

Sunset disini lumayan bagus sih, kayak gambar yang saya ambil ini.

Bermain pasir sambil menyambut sunset di Pantai Pok Tunggal
Sunset Pantai Pok Tunggal.

 

Melihat Sungai Bawah Tanah

Jadi di sekitar pantai Pok Tunggal ini ada sumber air bawah tanah ges, cuma saya belum sempet liat. Kata nya sungai ini jadi sumber penghidupan warga sekitar sini dan kebutuhan air bersih di sekitar pantai.

 

Panjat Tebing

Dibagian kedua sisi pantai ada tebing-tebing yang menjulang. Buat yang suka olah raga ekstrim panjat tebing boleh lah kalian nyobain manjat disini.

Tebing pantai pok tunggal.

Foto dengan Pohon Legenda

Nah disini ada satu pohon yang jadi ikon dari pantai ini, jadi satu satu nya pohon yang tumbuh. Namanya pohon Duras, nah kabarnya nih karena pohon satu-satu nya maka pantai ini dinamakan Pok Tunggal. Kalian bisa ambil gambar bareng pohon ini buat kenangan he he.

Gambar pohon legenda Duras Pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai Pok Tunggal 2021 hanya Rp. 10.000 saja itu sudah termasuk dengan pantai-pantai lain di dekatnya.

Parkir

Motor Rp. 3000

Mobil Rp. 5000

Minibus Rp. 15000

Tapi tiket masuk tersebut bisa berubah untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.

Tips

Untuk menuju Pok Tunggal, jika engga ingin terlalu lelah di perjalanan, naiklah mobil atau bersama rombongan dengan bis wisata. Ketimbang harus naik kendaraan roda dua. Untuk angkutan umum seperti bis, masih jarang-jarang yang dapat mengantar hingga dekat kawasan pantai ini.

Buat yang bawa bocils, jangan lupa untuk bawa perlatan main pasir yak biar tambah seru. Dengan bawa alat-alat main pasir mereka bisa mewujudkan imajinasi dan kreatifitas tangan nya.

Bawalah payung, topi, dan kaca mata hitam biar ga kepanasan dan kena silau matahari. Payung juga bisa buat jaga-jaga jika sewaktu waktu hujan jadi engga susah mencari tempat berteduh. Jika bawa bekal sendiri, usahakan untuk menyimpan sampahnya ya. Jangan buang sampah sembarangan agar pantai tetap bersih. Karena kebersihan di pantai ini sangat dijaga, kalian bisa kena denda kalau buang sampah sembarangan.

Lebih baik bermain air di bagian pinggir pantai kika mengajak anak kecil, ajaklah di bagian bibir pantai untuk bermain air. Dan lihat apakah ombak sedang pasang atau tidak. Jangan lupa pula karena tempat wisata yang kalian pilih ini berkaitan dengan air, selalu bawa pakaian ganti.

Nah udah siap buat mantai lagi ges, cobain deh dateng ke Pantai Pok Tunggal. Pantai yang masih alami serta jauh dari keramaian kota. Terutama buat kalian yang ingin merasakan sensasi seperti berada di pantai pribadi yang sepi, ya datanglah ke wisata di Gunung Kidul ini.

Walaupan cuma dapet 2 jaman menikmati Pantai Pok Tunggal tapi ini sangat menyenangkan, pengen sih balik kesana lagi karena masih belum puas ha ha. Nah sekian sharing inspirasi destinasi traveling ini, sampai jumpa ke blogpost petualangan berikut nya.

Avignam jagat Samagram

Baca juga: 7 Malam Di Tempat Persinggahan Para Dewa, Mengenal Lebih Dekat Masyarakat Dataran Tinggi Dieng.

Baca juga: The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, Hotel Asik Untuk Staycation Bareng Anak

Facebook Comments Box
mm

LH. Dini

Seorang INFJ produk Mayor Minor Biologi - Teknologi Pangan IPB yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang

Konten tulisan adalah ekspresi hati, pikiran, pengetahuan dan pengalaman hidup yang pernah di jalani

Karena jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Tinggal di Yogyakarta, bisa di kontak pada : lulu.biologistindo@gmail.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.