LH. Dini Official

Trik Jitu Agar Anak Doyan Makan

Hai parents apa kabar? Ketemu lagi nih sama ibu petualang jadi senyum dulu dong karena saya ngefans sama orang yang suka senyum jadi tambah cakep gitu kayak saya hi hi *jitaaaak ;D.

Kali ini saya mau sharing perihal pengasuhan nih, berawal dari keluhan banyak kerabat dan teman yang anak-anaknya kesulitan perkara makan. Alhamdulillah dua balita saya tidak mengalami problem ini meski dalam fase tumbuh gigi sekalipun atau saat demam, jadi saya kira trik ini mungkin juga bisa teman-teman gunakan sekira nya relevan dengan kondisi anak-anak kita dirumah.

Ini anak kedua saya Rain di usia-nya yang ke-7 bulan.
Dan ini kakak nya Quin di umur-nya yang jalan menuju 5 tahun.

 

Berdasarkan pantauan kurva tumbuh di KMS-nya dengan trik-trik yang saya pakai mereka menjadi doyan makan dan berhasil sampai pada pertumbuhan dan perkembangan sangat optimal, alhamdulillah mereka pun jarang sekali sakit. batuk pilek yang digadang sebagai penyakit khas anak-anak pun juga jarang mereka alami setahun paling hanya 1 kali dan itu juga segera sembuh tidak sampai 3 hari. Tulisan ini saya sharing dengan niatan tulus untuk membantu parents yang punya problem tentang anak-anak nya yang susah sekali makan.

Nah apa saja sih trik-trik nya agar anak doyan makan buk?. Eitss sabar dong, iya bener harus sabar karena perihal pengasuhan anak ga akan pernah efektif kalau tanpa disertai kesabaran yang tinggi he he. Sebelum menggunakan trik nya ditelaah dulu kira-kira apa sih penyebab anak-anak kita susah makan. Nah kalo kita ingin menangani masalah tapi penyebab nya kita ga tahu bagimana bisa teratasi.

Masalah susah makan pada anak ini juga relatif penyebab-nya ga akan sama pada setiap anak kan. Jadi saya harap parents semua mau bersabar untuk cari tahu apa yang bikin anak kita ga doyan makan.

Ini akan coba saya bantu memetakan masalah-masalah dasar-nya. Setidaknya ada 10 hal yang membuat anak ga doyan makan.

  1. Mereka lebih tertarik dengan hal lain, misal bermain, nonton tv atau handphone. Apapun aktifitas bermain nya yang positif atau negatif memang sebaiknya ga mengalihkan kebutuhan dasar mereka di masa pertumbuhan.
  2. Sering diberi susu sebelum makan walakhir jadi keterusan dan mereka jadi susah diajak makan karena udah kenyang duluan sama susu. Kalau cuma minum susu kan sumber gizi nya ga lengkap jadi tumbuh kembang nya bisa terkendala.
  3. Tampilan dan rasa makanan hampa, sehampa cinta yang bertepuk sebelah tangan alias kurang ngena di hati dan pikiran-nya wkwkwk.
  4. Mereka jadi pickey eater alias pilih-pilih makanan karena niru orang terdekat-nya.
  5. Sering dipaksa makan sampai dijejel-jejelin ke mulut yang akhirnya mereka trauma sama yang namanya makan, bagi mereka acara makan bukan acara yang menyenangkan.
  6. Enggak dikasih sounding positif tujuan sebelum makan, jadi mereka ga punya alasan kuat untuk ngelakuin-nya.
  7. Orang tua atau pengasuh sering takluk dan nurutin mereka makan sambil lari-lari diikutin dari kutub utara sampai kutub selatan. Akhirnya makanan yang dimakan ga efektif tercerna dan terserap sama tubuh karena habis dipakai lari-lari. Walhasil sepertinya udah disiplin makan tapi berat sama tinggi badan ga nambah-nambah.
  8. Memang ada gangguan dalam proses pencernaan-nya, ini penting sekali sebaiknya peka di cek apakah di area mulut dan gigi nya bermasalah, apa perut nya ternyata sakit dan lain-lain. Hal seperti ini jangan sampai terabaikan ya parents terlebih pada balita yang dia belum bisa menyampaikan keluhan.
  9. Suasana hati-nya lagi anjlok, bisa jadi mereka sering kena bully teman-teman nya atau orang tedekat-nya. Atau bisa jadi mereka stres dengan tekanan kita yang menuntut berlebihan. Ga hanya anak-anak kan kita aja yang udah dewasa kalau sedih dan stres sering lari-nya ga nafsu makan seperti saya sendiri heheu.
  10. Niru temen-nya yang ga suka makan, inisih lucu sebenarnya memang anak-anak ini paling jago kalau disuruh niru. Biasa makan ga ada masalah punya teman baru yang ga doyan makan eh sok aleman ikut-ikutan biar apa gitu biar solid mungkin pikirnya, dasar kiddos emang kocak wkwkw.

Kalau masih ada yang mau nambahin boleh banget tulis di komen biar kita makin banyak tahu penyebab permasalah seputar acara makan ini. Semakin tahu semakin mudah untuk mencegah dan mengatasi kalau udah terlanjur parah.

Nah dari 10 penyebab di atas kita bisa narik benang merah nya kalau masalah anak susah makan sangat erat sama suasana hatinya. Karena memang masa kanak-kanak yang dominan dalam diri mereka adalah perasaan-nya. Untuk penyebab yang bukan timbul dari perasaan insyaAllah bisa mudah diatasi asal kita komit dan sabar.

Untuk trik mengatasi-nya saya urut per nomor ya sesuai dengan penyebab di atas biar ga ngulang-ngulang.

  1. Mulai biasakan makan duduk dengan tenang, bisa sambil bermain tapi tetap di tempat. Kalau udah parah terjerat tv coba kasih tontonan tentang anak yang suka makan, banyak tuh di youtube kids tapi jangan nonton dari hengpon pindahin aja ke tv.
  2. Hentikan, plis hentikan ngasih susu sebelum mereka makan atau sebelum makanan nya habis. Karena kasus seperti ini ga sedikit ternyata, jangan karena mager terus fase golden age anak kita pertaruhkan ini efeknya gak main-main lho anak bisa kena stunting dan sifatnya permanen alias ga bisa lagi diperbaiki. Nah untuk penjelasan bahaya stunting parents bisa baca ditulisan saya yang ini Bahaya Stunting Bagi Generasi Penerus Bangsa.
  3. Harus lebih kreatif nih buk, tenang banyaaak banget kok sekarang menu-menu makanan untuk anak yang rasa dan tampilanya ngegemesin berseliweran di jagat sosial media tinggal cus ditiru aja he he. Kalau misal anak cocok dengan rasa dan tampilanya bisa langsung masukin ceklist di menu makan mereka.
  4. Jangan nyontohin ya buk pilah pilih makanan, kalau ga suka diem diem aja biar mereka ga ikut-ikutan. tapi lebih bijak lagi kita sebagai orang tua yang ngasih contoh suka ga suka demi anak berjuanglah wkwk.
  5. Kalo ini kejem sih, jangan gitu dong coba hargai perasaan anak dulu kita kan juga pernah di fase mereka. Jika berat banget buat sabar coba biarkan aja mereka ga makan sampai waktu-nya mereka ngerasa lapar. Secara alami tubuh itu bakal minta untuk disuplai sama makanan dengan alarm rasa lapar, nah biarin deh metabolisme anak yang menuntun mereka untuk mau makan atas kehendak nya sendiri.
  6. Masih ada kaitanya sama penyebab no 5. pas akhirnya anak ngerasa lapar dan minta makan sebaiknya selalu dikasih sounding positif tentang tujuan makan itu untuk apa. Kalau lapar kan ga enak badan jadi lemes, perut sakit, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang kayak nasihat Nabi.
  7. Jangan takluk, tetap pegang kendali karena mau nya anak-anak itu buanyaaak kalu ga dibatasi ga kelar-kelar sampai kiamat semut. Tunjukin sikap tegas tapi tidak keras dan kasar,
  8. Peka, peka, peka, peka jadi orang tua memang kita dituntut untuk peka sama kondisi anak, inisiatif jangan nunggu sampai parah baru bertindak itu udah terlambat. Kalau udah ngerasa ada gangguan bisa langsung periksa ke dokter.
  9. Sama jawabanya kayak no 8, Peka. Kita luangin waktu lebarin telinga buat mendengarkan cerita mereka. Masalah bully ini juga berbahaya ya parent impactnya ga hanya masalah mood untuk makan tapi ke banyak hal sangat ngaruh bahkan hingga masa depan-nya. Jadi please peka-lah sama perasaan anak, jangan juga jadi orang tua yang otoriter memaksakan segala kehendak ke anak, mereka bukan objek untuk memenuhi ambisi yang belum kita capai. Mereka punya preferensi sendiri biarkan selama itu positif dan ga merugikan orang lain biarkan mereka hidup dengan cita-cita nya.
  10. Lagi-lagi sounding ya parents, ketika anak mulai meniru hal yang ga baik dengan sekitarnya kita harus sounding itu ga perlu diikuti dijelaskan kenapa ga perlu diikuti.

Nah selesai juga pinggang sampai encok, demi pertumbuhan dan perkembangan semua anak-anak di seluruh Indonesia raya yang saya cintai saya rela begadang sampai pagi buat nulis ini heheu. Semoga trik-trik agar anak doyan makan ini bisa membantu ya parents. Sebenarnya kunci utama pengasuhan adalah sabar dan komit, perbanyak pengetahuan dari berbagai media dan sharing pengalaman dari orang lain. Goalnya adalah anak merasa bahagia dengan bahagia mereka lebih mudah di bina, lebih mudah patuh tanpa merasa dipaksa tetapi lahir dari kesadaran diri-nya sendiri akibat sounding-sounding positif yang sering kita ucapkan.

Untuk kasus anak susah makan seperti ini buatlah acara makan menjadi momen yang mengasyikan. Bisa juga menyelipkan momen edukasi dan membangun empati, gimana bisa? ya bisa dong kalau anak sering dibiasakan menghargai maka terhadap hidangan diatas piringnya pun dia juga akan menghargai dengan mau memakan dan menghabiskan-nya. Bangunlah interaksi anak dengan makanan-nya sehingga acara makan ga terasa rutinitas yang menjemukan.

Nah untuk orang tua yang belum bisa melakukan ini karena satu dan lain hal yang bersifat darurat maka titipkan pesan pada pengasuh nya. Kalau kondisi nya memang sulit saya hanya bisa mendoakan semoga segala masalah nya bisa teratasi dengan baik. Karena tidak ada orang tua yang sempurna maklumi keadaan diri sendiri kalau memang punya keterbatasan, yang penting anak sadar bahwa apapun keadaanya orang tua nya tetap menyayangi mereka. Saya sendiri pun menggunakan banyak trik karena ga semua trik selalu bisa berjalan mulus, ada jatuh bangun nya sampai saya berhasil merumuskan trik ini.

Baiklaaah sekian sharing parenting ala ibu petualang kali ini semoga bisa menginspirasi parents semua yang lagi pusing sama anak dirumah yang ga doyan makan. Jika sekiranya bermanfaat boleh dilike dan share biar sama-sama dapet pahala ya heheu. Terimakasih sudah mampir dan membaca, maafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Salam sayang dari kami ber-tiga di Yogyakarta ;D.

Avignam Jagat Samagram

Baca juga: Penting-nya Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Facebook Comments Box
mm

LH. Dini

Seorang INFJ produk Mayor Minor Biologi - Teknologi Pangan IPB yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang

Konten tulisan adalah ekspresi hati, pikiran, pengetahuan dan pengalaman hidup yang pernah di jalani

Karena jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Tinggal di Yogyakarta, bisa di kontak pada : lulu.biologistindo@gmail.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.