LH. Dini Official

Rahasia Masakan Lezat Tanpa Perlu Tambahan MSG Pabrikan

Happy wiken teman-teman semua!

Pertengahan September menuju November rain gini kebanyakan lebih seneng pada ngabisin waktu dirumah yak kan he he. Kalau ngumpul keluarga enaknya ngapain sih cerita dong ;D?. Kalau saya sama suami dan anak-anak lebih seneng masak sama nonton film nih.

Berhubungan dengan masak-memasak saya mau bagi tips nih bikin masakan lezat tanpa perlu nambahin micin atau MSG, selain lebih hemat jadi lebih sehat juga kan. Ini tips dulu diajarin waktu kuliah minor Teknologi Pangan di IPB dulu, ada 1 bahan yang sebaiknya selalu kita pakai untuk memperlezat rasa masakan secara alami yaitu dengan menambahkan cacahan buah tomat. karena bahan ini akan meningkatkan rasa umami atau rasa gurih yang sama seperti ditambahi MSG.

Nah MSG (monosodium glutamate) adalah garam yang terdiri dari sodium atau natrium (Na) dan glutamat yang akan menguatkan cita rasa masakan. Sebenarnya sih, komponen glutamat ini secara alami ada pada hampir semua bahan makanan seperti ikan, daging, susu, sayuran, hingga buah-buahan. Cara pengolahan makanan seperti dipanggang, dibakar, dikukus dan diungkep juga akan lebih mengeluarkan glutamat alami pada makanan. Tapi sebaiknya pakai yang masih fresh saja seperti buah tomat ini selain fresh juga bahan yang paling murah harganya ha ha. Kalau saya lebih mantap dengan paduan tomat-garam-gula secukupnya jadi lebih nendang gitu, tapi kalau kalian bermasalah dengan garam dan gula diskip aja apalagi kalau masak untuk orang tua yang kebanyakan udah terkena darah tinggi dan diabetes.

Nah secara alami dalam buah tomat terdapat kandungan glutamat bebas, beda dengan glutamat pabrikan yang dibuat dengan serangkaian proses tentu potensi masuknya kontaminan kedalam-nya juga ada belum lagi dengan tambahan zat pengawet dan lain-lain. So, jelas lebih sehat jika kita pakai buah tomat saja, tapi buat yang mau praktis silahkan saja pakai MSG pabrikan engga dosa juga, yang penting ga berlebihan sangat. Saya pilih ga pakai MSG pabrikan karena metabolisme tubuh saya ga bisa nerima ini semacam kayak alergi gitu kepala pusing dan yang terparah saya bisa mual dan muntah.

Selain mengandung glutamat alami buah tomat juga kaya antioksidan, pro vit A, vit C yang baik untuk menangkal radikal bebas molekul perusak sel tubuh, juga membantu cegah potensi terkena kanker dan serangan jantung. Selama ini buah tomat hanya dipandang sebelah mata sebagai hiasan masakan atau hanya untuk tambahan membuat sambal padahal buah ini memiliki potensi yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Membuat masakan sehat ga harus terasa tawar di lidah, kita bisa merekayasa nya secara alami seperti ini, karena alam sudah memberikan sumber daya yang luar bisa. Selain jadi lebih sehat juga lebih bergizi, semoga tulisan ini menginspirasi ya teman-teman terima kasih sudah mampir.

Facebook Comments Box
mm

LH. Dini

Seorang INFJ produk Mayor Minor Biologi - Teknologi Pangan IPB yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang

Konten tulisan adalah ekspresi hati, pikiran, pengetahuan dan pengalaman hidup yang pernah di jalani

Karena jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Tinggal di Yogyakarta, bisa di kontak pada : lulu.biologistindo@gmail.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.