LH. Dini Official

Cara Sederhana Menjadi Manusia

0
Banyak orang sering melempar tanya pada orang lain, sudah mendapat pekerjaan apa, kamu sudah punya apa, sudah menikah atau belum, sudah punya anak atau belum, sudah melakukan pencapaian apa? seolah olah hidup hanya sebuah daftar belanjaan.
 
Tapi pernah kah kita sekali waktu bertanya pada orang lain, kamu sudah bahagia atau belum? Bagaimana kesehatan mu? Apa kamu sedang ada masalah? Hal-hal yang begitu esensial bagi manusia yang seharus menjadi pertanyaan utama dibanding pertanyaan yang bersifat privasi dan cenderung akan menyakiti orang yang sedang diajak bicara.
 
Kita terlalu sering salah fokus dan dengan mudah melontarkan beragam pertanyaan yangg semestinya tidak perlu ditanyakan, dan kemudian merasa sensi dengan orang orang yang lebih memilih mengejar rasa bahagia dibanding pencapain ini itu.
 
Apa sebenarnya yang sesungguhnya ingin kita tahu dari orang lain dengan melontar pertanyaan-pertanyaan itu, apakah hanya untuk sekedar meyakinkan diri bahwa “Oh ternyata diri dan hidup saya masih jauh lebih baik dari orang lain“, bukan sungguh-sungguh berniat membangun percakapan yang hangat, sehat dan saling membahagiaakan. Kalau memang benar begitu saya harus katakan betapa jahat nya mulut dan hati kita mencari kepuasaan dengan cara menjatuhkan keadaan orang lain.
Mengapa saya perlu mengutarakan hal ini? karena saya berharap sebagian kita tidak menjadi orang sukses yang menghancurkan semangat hidup, pribadi dan harapan orang lain. Jika kata-kata baik saja tidak pernah bisa mampu kita hadiahkan pada orang lain lalu apa lagi hal paling sederhana yang bisa membuat kita benar-benar menjadi manusia?.
Bagi yang baru tersadar mari kita ubah haluan arah percakapan kita, pastikan percakapan kita tidak memiliki niat lain selain untuk membangun hubungan antar personal yang sehat, saling menyemangati dan apresiatif.
 
Catatan Ibu Petualang
Avignam Jagat Samgram
0
mm

LH. Dini

Seorang INFJ yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang karena separuh hidup dan cinta-nya telah menyatu dengan jalanan. Jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed

This site uses cookies to improve your experience, to enhance site security and to show you personalized advertising. Click here to learn more. By clicking on or navigating the site, you agree to our use of cookies.