LH. Dini Official

INFJ Kepribadian Paling Langka dan Unik di Dunia, Itukah Kamu ?

14+

Paling Langka Di Dunia, Manusia INFJ Itukah Kamu?

Well, kalau beberapa waktu lalu saya pernah membahas tentang rotasi emosi manusia pada tulisan Why We Get Mad? kali ini saya akan melanjutkan dengan bahasan yang masih agak berhubungan yakni tentang tipe kepribadian berdasarkan MBTI ( Myers Briggs Type Indicator ) tes kepribadian paling populer didunia mengacu pada ilmu Psikoanalis milik Carl Jung dan dikembangkan oleh duo ibu anak Myers-Briggs. Tes MBTI umumnya digunakan oleh berbagai institusi perusahaan untuk memilah karyawan dan perguruan tinggi untuk mengetahui minat bakat para mahasiswa juga oleh Kedokteran bidang Psikiatri untuk menganaslisis kejiwaan pasien. MBTI sendiri mengelompokkan manusia ke dalam 16 tipe karakter berdasarkan nilai-nilai manusia yang di perbandingkan antara Introvert x Ekstrovert, Intuition x Sensing, Feeling x Thingking, Judging x Percieving. Meski ada pula yang mengklaim hasil tes ini kurang akurat tapi faktanya MBTI masih tetap populer dan digunakan hingga saat ini karena cukup banyak membantu dan memberi gambaran umum yang cukup mendekati bagaimana pola karakter seseorang yang sebenarnya.

Baca juga: Why We Get Mad?

Kenapa kok mau bahas ini? Sebenarnya karena tidak sengaja waktu tengah malam saya tidak bisa tidur ( tapi memang kebiasaan susah tidur meskipun badan sudah capek, membuat pikiran dalam mode slow itu bagi saya tidak mudah harus berjuang sekali ;D ), walakhir iseng ikut tes kepribadian ini. Hasil tes menunjukan bahwa tipe kepribadian saya adalah INFJ, banyak sumber valid yang menyebutkan bahwa tipe ini paling sedikit jumlah nya di dunia hanya kurang lebih 1 % dari sekitar 7 milyar manusia (bisa kalian googling kalau kurang percaya). Tidak hanya sedikit katanya INFJ juga memiliki sifat-sifat khas yang tidak dimiliki ke-15 tipe kepribadian lain-nya. Beberapa sifat khas yang jika kalian bisa merasakan itu pada seseorang sudah bisa di pastikan dia adalah seorang INFJ.

Picture Source : beaconstreetusa.com

 

INFJ ini yang akan coba saya jabarkan berdasarkan hasil kajian berbagai sumber dan opini dari diri saya sendiri yang sudah 31 tahun hidup sebagai INFJ. Sejujurnya baru kali ini selama hidup saya ikut tes kepribadian karena pas masuk kuliah sepertinya belum ada tes seperti itu. Disisi lain saya juga belum pernah bekerja di perusahaan karena pola kerja nya terlalu mengikat bagi saya itu bagai siksaan heheu. Tapi alhamdulillah bisa tetep hidup sampai sekarang tanpa jadi beban buat orang lain he he. Tes MBTI saya lakukan sekedar untuk meyakinkan diri bahwa kepribadian saya normal tidak seperti yang diasumsikan oleh kebanyakan orang Indonesia, Indonesia ya karena di negara maju INFJ ini justru mendapat tempat dan pandangan yang sangat baik mungkin dianggap spesies manusia langka yang harus dilestarikan ha ha. Setelah tahu INFJ jadi seneng tapi sedih juga karena nasib INFJ di Indonesia ya di anggap begitulah T_T, hingga ada yang menyarankan sebaik-nya saya tinggal di luar negeri saja karena penerimaan terhadap INFJ ini jauh lebih baik.

Nah informasi ini penting untuk kalian ketahui bagi yang punya anggota keluarga, sahabat atau pasangan bertipe INFJ please jangan cepat berkomentar sinis hanya karena mereka berbeda, hanya karena Indonesia lebih mengusung budaya ekstrovert. Andai kalian tahu para INFJ terdahulu mengambil berbagai peran  penting dalam membuat perubahan berarti untuk dunia, bahkan Nabi Muhamad SAW pun diduga adalah seorang INFJ, namun bentuk INFJ yang paling sempurna dibanding INFJ lain-nya.  Mereka adalah para pemimpin yang memimpin peradaban tanpa gagal dalam memberikan pengaruh, mereka seolah-olah lahir untuk menjadi pelopor melakukakn sebuah gebrakan disaat kebanyakan manusia mulai pasrah dengan keadaan, mereka jugalah yang bisa membuat hari-hari kalian lebih menyenangkan karena keindahan, kedamaian dan penghiburan.

Jelasnya Apasih Kepribadian INFJ itu?

INFJ atau tipe kepribadian Advokat adalah seorang dengan sifat dasar independen/mandiri, cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar (Introvert). Mereka merasakan menggunakan intuisi/pikiran alam bawah sadar (Intuition) bukan dengan perasaan mereka yang sesungguhnya. Sebalik-nya INFJ membuat keputusan dengan menggunakan perasaan asli nya (Feeling), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement) hidup mereka penuh dengan perencanaan dan kewaspadaan. Walaupun INFJ terlihat sangat tenang dan pendiam, namun orang-orang dengan kepribadian INFJ biasanya memiliki opini yang kuat terkait dengan hal-hal yang dianggap penting dalam kehidupannya. Bila INFJ berjuang untuk sesuatu, ini karena mereka percaya pada ide itu sendiri, bukan karena alasan-alasan yang mementingkan dirinya sendiri. INFJ adalah kepribadian yang paradoks bisa menjadi begitu pendiam tapi mereka akan dapat total berubah dari karakter umumnya jika mereka sudah ada dalam lingkaran orang-orang kepercayaan nya, bahkan mereka harus dihentikan jika sudah berbicara terlalu lama.

Tanda-tanda dibawah mungkin akan membantu kalian untuk lebih mudah mengenali dan memahami seluk beluk kelompok manusia 1 % didunia ini.

INFJ Merasa Berbeda Sejak Kecil

Anak-anak INFJ semasa kecil sudah menyadari bahwa mereka berbeda dibanding anak-anak pada umum nya. Kesadaran mereka lebih cepat, sedari kecil ketika teman sebayanya bermain anak INFJ sibuk sendiri mengikuti rasa penasaran-nya, membuat atau melakukan sesuatu yang kurang awam karena visi nya sudah jauh didepan. Hal inilah yang membuat anak INFJ sering di labeli aneh-aneh. Kalau kamu pernah merasa berbeda sejak kecil bisa jadi kamu juga bagian dari INFJ. Untuk memastikanya silahkan membaca penjelasan selanjutnya dibawah ini.

INFJ Merasa Terlahir Untuk Melakukan Sesuatu

Jika kebanyakan orang berpikir bahwa hidup itu hanya berputar pada lingkaran bekerja/sekolah/kuliah, makan, bermain, tidur dan mencari pasangan, tidak dengan INFJ bagi mereka itu sudah merupakan rutinitas manusia yang lumrah. Mereka merasa harus melakukan sesuatu diluar lingkaran tersebut, mereka berharap dapat menghentikan kekejaman perang, dapat menolong orang-orang malang diseluruh dunia, mereka berharap dapat melakukan perbaikan dunia itulah yang membuat INFJ sering ditemukan ada dalam misi-misi penyelamatan dan menjadi pendamai situasi. Saat tidak dapat melakukan itu mereka akan frustasi sendiri dan merasa tidak berguna. Sepertinya INFJ lahir dengan bakat memimpin namun tidak semua INFJ akan menjawab panggilan itu. Terlalu banyak pertimbangan mungkin hal itu yang mendasari nya.

INFJ Introvert yang Sering Disangka Ekstrovert

Pola interaksi INFJ dengan lingkungan sebenarnya sedikit kabur, mereka  adalah introvert yang paling sejati namun sering disangka ekstrovert karena keramahan dan kehangatan-nya saat berinteraksi. Mereka memiliki kemampuan untuk menggabungkan dua sifat itu dengan baik. Keinginann  INFJ cenderung paradoks / saling berlawanan, misal mereka ingin bertemu banyak teman diluar, setelah bertemu dan mengobrol beberapa waktu mereka mulai kelelahan dan segera ingin pulang kerumah untuk menyendiri. Mereka senang membangun interaksi namun mereka juga ingin sendiri kadang hal ini bisa terjadi bersamaan. INFJ lebih memilih hubungan dalam lingkaran terbatas antar orang per orang, bagi mereka kualitas lebih bernilai daripada jumlah.

Teman INFJ mungkin saja banyak tapi yang mereka anggap benar-benar teman bisa dihitung jari, selebihnya hanya untuk ha ha hi hi bersama sebagai bentuk respek. Mereka lebih memilih kualitas pertemanan yang sedikit namun terjamin dengan kepercayaan, kejujuran, ketulusan, konsistensi dan kesetiakawanan. Meski hanya beberapa, mereka lebih menyukai interaksi yang intens dan dalam, pertemanan yang dibangun INFJ adalah pertemanan jangka panjang, pertemanan yang saling mendukung mimpi masing-masing. Meski dibatasi jarak dan waktu ataupun status sosial semua nya tidak akan berubah, jika mereka ingin bertemu mereka akan sangat berniat dan mati-matian untuk itu.

INFJ Mampu Memberi Inspirasi Untuk Dirinya Sendiri dengan Imajinasi dan Fantasi

Jika kalian memiliki anggota keluarga, teman ataupun pasangan INFJ kalian sungguh beruntung karena mereka selalu punya cara yang berbeda untuk menghilangkan kejenuhan dan menyelesaikan berbagai masalah. Imajinasi dan Fantasi menjadi motor yang mampu menggerakan INFJ untuk terus membuat sesuatu yang baru dan mampu membuat mereka tahan sendiri tanpa bosan atau menjadi lemah.

INFJ Berpikir Out Of The Box

INFJ tidak menyukai pembicaraan yang tidak ada bobot nya, saat banyak orang bergosip atau membicarakan kehidupan seorang artis maka INFJ lebih menyukai “ deep conversation “ atau obrolan yang berat seperti bagaimana cara kerja seorang pemimpin dunia, ada nya kemungkinan perang dunia ke 3 dengan pasukan robot, atau bagaimana manusia dapat berwisata keluar angkasa atau membangun tempat tinggal baru di planet lain, mereka ingin membuat dunia hayal nya menjadi kenyataan. Arah pembicaraan INFJ seperti ini membuat mereka sulit menemukan lawan bicara yang sepadan, terkadang INFJ lebih memilih menurunkan tempo berpikirnya hanya demi mereka bisa ikut dalam percakapan meskipun sesungguhnya mereka tidak menyukai topik percakapan tersebut. Jika INFJ bertemu dengan sesama tipe intuisi maka pembicaraan mereka akan sangat hidup dan sangat dimungkinkan muncul gagasan-gagasan spektakuler.

INFJ Tipe Pemimpi yang Pantang Menyerah

Imajinasi dan Fantasi INFJ begitu hidup itu yang mendukung mereka senang bermimpi besar, namun INFJ bukanlah pemimpi yang malas. Mereka pemimpi yang pantang menyerah untuk mewujudkan setiap mimpinya. Sekalipun tanpa dukungan, INFJ sanggup melakukan nya sendiri meskipun akan membawanya pada proses yang sulit. Keyakinan INFJ pada mimpi-nya sangat tinggi, jarang ada yang mampu mematahkan pendirian-nya, mereka selalu memiliki argumen yang kuat dan berdasar. Namun INFJ tidak akan berdebat terhadap hal-hal yang mereka rasa tidak prinsipil. Jikapun argumen mereka benar INFJ tidak akan memaksakan kehendak nya pada lawan bicara yang dianggap susah untuk diajak kompromi. Mereka cenderung mengalah demi menghindari munculnya konflik.

INFJ Berpegang pada Prinsip Altruisme

Meskipun independen, INFJ sangat ingin membantu mensejahterakan orang lain itulah yang menjadi tujuan hidup mereka karena dari situlah salah satu energi INFJ didapatkan selain melakukan perenungan dan aktivitas me time. INFJ tidak akan mempermasalahkan siapa lebih dari siapa, siapa lebih kaya dari siapa, siapa lebih hebat dari siapa pembicaraan seperti itu hanya akan jadi sampah dalam kepala INFJ dan segera akan tersingkir oleh ide-ide baru nya. Segala hasil kerja keras yang mereka dapat bukan untuk keuntungan diri sendiri mereka sangat membenci egoisme karena mereka meyakini penyebab utama dari muncul nya beragam konflik dan ketidakadilan di dunia, egoisme bagi INFJ adalah kegelapan yang harus dihapuskan agar dunia tetap harmoni. Sayang nya sikap ini sering membuat INFJ harus menekan diri-nya lebih keras sehingga mereka menjadi mudah kelelahan, mereka cenderung lebih mengorbankan diri sendiri untuk kepentingan orang lain dan menempatkan diri untuk menampung banyak kesulitan dari permaslahan orang lain.

INFJ Selalu Mencari Peluang Dalam Setiap Masalah

Sekali lagi INFJ adalah manusia yang selalu punya ide dan cara yang tidak pernah habis. Mereka jarang terjebak masalah dalam waktu lama karena bagi INFJ masalah adalah tantangan untuk menguji sejauh mana seluruh kekuatan yang dimiliki-nya bisa bekerja. Alih-alih menghindar INFJ justru akan berjibaku dengan masalah tersebut, bagi mereka masalah itu bukanlah musuh yang harus dibenci namun menjadi kesempatan untuk merancang dan menerapkan solusi kreatif. Ketenangan yang dimiliki INFJ membantu mereka cepat dalam menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat. Namun bila dirasa masalah itu akan berpotensi menjadi racun untuk hati dan pikiran-nya, INFJ akan menahan diri untuk tidak terlibat dan lebih memilih untuk memasang batas yang tegas.

INFJ Pribadi yang Bertanggungjawab

Tanggungjawab adalah nilai yang penting bagi INFJ, perasaan mereka akan tidak nyaman apabila ada pekerjaan atau apapun yang dipercayakan kepada-nya bermasalah. Bila memang mereka membuat kesalahan, meminta maaf dan mengakui dengan segera akan mereka lakukan. Bukan karena khawatir dicap buruk, tapi hati dan pikiran INFJ sendiri tidak senang dengan kepercayaan yang tidak dijaga dengan baik. Jika melakukan kesalahan dalam mengemban tanggung jawabe mereka akan merutuki diri-nya sendiri dengan bertubi-tubi, mereka tipe yang mudah sekali merasa bersalah. Bila menjadi seorang pemimpin INFJ akan menjadi pemimpin yang bijaksana dan mengayomi anak buah-nya karena mereka mahir dalam memelihara komitmen dan loyalitas.

INFJ Sering Dikira Memiliki Sixth Sense / Indera Ke-Enam

Intuisi dan Perasaan INFJ sangat kuat hal ini sering membuat mereka dianggap memiliki kekuatan indera ke-enam yang mampu mengetahui dan merasakan hal-hal yang tidak diketahui orang awam. Namun sesungguhnya proses yang terjadi dapat dijelaskan secara logis, kombinasi intuisi/pikiran bawah sadar yang cepat dan pengalaman yang mereka miliki dapat direspon cepat pula oleh perasaan nya kemudian menuntun mereka dapat menilai sesuatu jawaban mendekati kebenaran selama perasaan yang mereka miliki sedang dalam kendali yang baik.

Dari jurnal ilmiah yang saya kaji, cara kerja otak INFJ berbeda dibanding tipe MBTI lain-nya jenis gelombang listrik pada otak yang dominan bekerja pada INFJ adalah gelombang Beta pada frekusensi 12-25 Hz, frekuensi yang lebih tinggi daripada yang digunakan oleh tipe kepribadian lain-nya yang umum-nya menggunkan gelombang Alfa pada frekuensi 8-12 Hz. Efek dari gelombang ini akan mengaktifkan bagian otak yang disebut amygdala yang akan memberi sinyal akan adanya tanda bahaya dan kewaspadaan. Gelombang listrik beta lah yang dianggap bertanggung jawab atas tajam nya intuisi/ kekuatan pikiran alam bawah sadar seorang INFJ. Namun sayang-nya bila gelombang  listrik Beta bekerja terlalu sering tubuh akan cepat kelelahan karena gelombang ini menyerap banyak energi. Itulah yang menyebabkan INFJ mudah kelelahan dan sakit.

Karena kerja intuisi tersebut INFJ sering dianggap mampu memprediksi kejadian dimasa mendatang ataupun menprediksi pikiran orang lain dan apa yang mungkin akan dilakukan orang tersebut dengan pikiran-nya. Mereka dapat dengan cepat menyimpulkan suatu keadaan atau seseorang mungkin membahayakan diri nya atau atau tidak. Dalam hidup nya INFJ dituntun oleh intuisi, meskipun cara berpikir mereka juga mengedapankan logika dan fakta, namun INFJ lebih mempercayai intuisi nya dalam setiap kesempatan. Bagi INFJ intuisi adalah benteng untuk mencegah bahaya sebelum datang, ataupun mencegah diri sendiri untuk tidak melakukan sesuatu yang akan menempatkanya dalam bahaya. Selain itu intuisi mereka dapat memperingkatkan orang lain akan kemungkinan bahaya yang mungkin akan menimpa. Ketajaman Intuisi ini yang familiar kita sebut dengan ketajaman firasat, bila dalam kondisi perasaan yang sangat stabil firasat yang dimiliki INFJ bisa sangat akurat namun sebaliknya bila dalam keadaan perasaan labil firasat INFJ bisa saja meleset.

Apakah intuisi INFJ selalu benar? Jawaban nya adalah tidak selalu, bukan intuisi-nya yang tidak tepat namun faktor dari perasaan INFJ lah yang mempanguruhi penilaian dan keputusan yang akan mereka ambil dengan hasil olah intuisi tersebut, jika berada dalam perasaan yang buruk keputusan INFJ bisa saja menyalahi intuisi nya sendiri. Oleh karena itu penting sekali bagi para INFJ untuk mempertahankan sikap tenang mereka.

INFJ Sabar Dalam Proses dan Mengusung Originalitas

INFJ adalah tipe yang berkarya dengan mengusung originalitas, sangat menjaga martabat diri dengan tidak menjadi peniru. Kekuatan imajinasi dan fantasi INFJ membuat mereka tak pernah kehabisan ide. Mereka sering dianggap jenius dengan banyak-nya ide dan gagasn yang selalu berkembang. Selain itu INFJ adalah tipe yang sabar dalam menjalani proses, mereka sangat senang belajar  sangat penuh pertimbangan dalam melakukan segala hal. Namun kebiasaan menimbang-nimbang ini kadang membuat INFJ kehabisan waktu dan akhirnya jadi tidak melakukan sesuatu sama sekali.

INFJ Senang dengan Hobi Tertentu

Bila orang terdekat anda sering mengajak untuk mengunjungi musium, tempat bersejarah, perpustakaan, taman hiburan, menikmati ketenangan alam atau berjibaku dengan hal-hal yang berbau sastra dan seni, bisa jadi mereka adalah salah satu dari INFJ. Untuk lebih meyakinkan silahkan untuk menyarankan mereka melakukan tes kepribadian. Hobi-hobi yang dilakukan INFJ tidak jauh dari tempat-tempat yang mereka anggap memiliki suasana yang tenang dan dapat memberikan mereka energi positif. Traveling menuju alam seorang diri bisa mereka lakukan tanpa rasa takut.

INFJ Tidak Suka Basa Basi

Mereka tipe yang tidak suka berbasa basi, bukan tidak suka sebenarnya skill basa basi mereka sangat payah. Bila kalian memiliki keperluan dengan INFJ, akan lebih baik langsung pada inti-nya namun pastikan gunakanlah kata-kata yang sopan. Sikap basa basi ini bagi INFJ hanya membuang waktu karena tanpa basa basi pun mereka sudah tahu tujuan sebenarnya dari keperluan kalian. Berhadapan dengan INFJ sebaiknya gunakanlah wajah asli kalian itu akan lebih baik. Meski begitu mereka dapat menampilkan sikap respek dengan basa basi yang dibuat oleh lawan bicara nya.

INFJ Perencana Ulung yang Perfeksionis

Perencanaan adalah nafas INFJ dalam bekerja, mereka juga menuntut kesempurnaan atas berhasilnya rencana tersebut. Namun mereka bukanlah tipe perencana yang kaku, rencana dapat mereka ubah dengan cepat bila terlihat ada masalah. Mereka tidak mempermasalahkan kegagalan, bagi INFJ kegagalan adalah pengalaman yang bisa ditabung untuk menyempurnakan rencana-rencana baru berikut-nya. Sayang nya pola kerja INFJ sulit diimbangi oleh yang lain, Itulah mengapa INFJ lebih total saat bekerja sendiri karena mereka tidak harus menghadapi drama benturan-benturan ide denggan anggota lain, mereka ingin rencana nya terwujud dengan utuh seperti yang mereka bayangkan dan rencanakan. Meski demikian INFJ bukan tipe yang tidak bisa bekerja sama, mereka sangat konsisten bila sudah memutuskan ada dalam sebuah tim kerja, namun mereka akan menjadi statis karena harus menahan diri untuk tidak membuat gagasan baru. INFJ adalah individu yang kooperatif meskipun mereka lebih total jika bekerja sendiri.

INFJ Adalah People Behind The Scene

Mereka adalah pribadi tenang yang lebih memilih untuk mempunyai pengaruh di belakang layar, sangat senang dengan konsep dan gambaran besar, tidak heran banyak dari mereka ada dalam industri perfilman yang mengusung imajinasi dan fantasi. Kreatifitas INFJ yang lebih indepen membuat mereka memilih menjadi menjadi seniman, penulis dan profesi lain nya yang tidak ada bentuk mengikat. INFJ yang lebih tahan banting dapat menjadi pelopor terbangunya susunan peradaban yang lebih baik ataupun bisnis-bisnis independen dimana mereka sendirilah bos-nya, bisa juga mereka mengisi jajaran strategis dalam suatu perusahaan. Mereka mahir dalam memahami isu-isu rumit dan secara otomatis terdorong untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara kooperatif dan kreatif. INFJ adalah tipe yang tidak menyukai menjadi pusat perhatian keadaan tersebut akan menghambat diri-nya dalam bekerja dan berkarya. INFJ akan sangat hebat jika mereka ada dibelakang layar.

INFJ Sulit Dimanipulasi

Mereka sangat sulit dimanipulasi bahkan sudah dapat menerka sebelum kalian akan melakukan-nya. INFJ sangat terencana dan begitu waspada selain perasaan yang kuat INFJ juga didukung oleh intuisi dan visi nya yang tajam. Intuisi, visi, juga feeling bagi INFJ adalah benteng yang mereka miliki untuk mencegah bahaya sebelum datang, ketiga nya yang membantu INFJ mampu melakukan penilaian yang mendekati tepat. Jika ingin menguji INFJ pastikan kalian sudah melakukan proses belajar dan perenungan melebihi mereka. Mereka memiliki intuisi yang tajam bukan tanpa perjuangan, INFJ telah mengalami asahan yang berat dalam kehidupan yang membuat intuisi mereka bangkit dan bekerja. INFJ sesungguhnya rajanya manipulator, namun mereka tidak akan menggunakanya dengan tujuan merugikan orang lain.

INFJ Sangat Sensitif dengan Perasaan Orang Lain ( Sangat Empatik )

Selain Intuisi yang tajam INFJ juga memilik perasaan yang kuat, mereka mampu memahami perasaan orang lain dengan sangat baik. Mereka akan menghindari sebisa mungkin untuk mengkritik kecuali bila memang diminta. Cara mereka merespon dengan tidak menggurui namun melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu seseorang untuk menyadari situasi dirinnya. INFJ benar-benar berhati lembut sehingga kata-kata kasar, intonasi yang tinggi, kata-kata hinaan adalah racun mematikan untuk mereka. Ada yang mengatakan bahwa INFJ adalah anti kritik tapi sejujurnya tidak mutlak seperti itu, INFJ adalah tipe yang sangat terbuka dengan masukan asalkan tidak disampaikan dengan cara yang kasar. Karena sadar akan perasaan mereka yang begitu halus, INFJ akan sangat menghindari Toxic People orang-orang yang berpotensi menguras energi dan perasaan-nya, orang-orang yang mereka anggap tidak memilik empati terhadap keadaan orang lain. Toxic people akan berbicara dan bertindak tanpa berpikir panjang kecenderungan kuat mereka adalah egosentris, sesuatu yang sangat dibenci oleh INFJ yang mengusung prinsip Altruisme.

INFJ Mudah Menyerap Emosi Lingkungan

INFJ juga dapat menyerap emosi lingkungan, pandangan mata, pendengaran, pikiran, dan hati INFJ sangat terhubung satu sama lain dalam sekejap mereka dapat membaca situasi tempat dan beragam emosi orang-orang didalam-nya bahkan hanya dari tatapan mata atau bahasa tubuh. Mereka akan cepat menangkap wajah sesungguhnya dibalik topeng yang sedang dipakai diwajah orang-orang dalam satu ruangan tersebut. INFJ akan cepat menemukan tujuan asli dari orang-orang yang sedang berhubungan dengan nya.

INFJ Mudah Kelelahan dan Sakit

Karena kerumitan yang ada dalam diri INFJ dan kemudahan mereka menyerap segala bentuk emosi lingkungan, membuat INFJ mudah kelelahan dan sakit. Itulah mengapa mereka lebih memilih menyendiri untuk menghindari masuknya emosi-emosi negatif dari banyak orang dalam keramaian. Selain itu energi INFJ juga sudah banyak terkuras oleh kerja dari intuisi nya dan kesulitan nya menolak menolong kemalangan orang lain.

INFJ Overthingking dan Sering Mengalami Kesulitan Tidur

INFJ setiap waktu selalu berfikir, bangun tidur berfikir hingga tiba waktu istirahat malam diatas tempat tidur mereka terus saja berfikir. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pikiran INFJ sangat kompleks dan besar. Mereka adalah visioner yang dapat menerka tentang situasi yang mungkin akan terjadi pada masa mendatang. Itulah yang membuat INFJ kadang menjadi Overthingking terutama saat kelelahan, dan saat kondisi emosi nya sedang tidak stabil. Pikiran INFJ yang terlalu aktif sulit untuk diredam, mereka butuh perjuangkan keras bahkan bantuan dari orang lain untuk dapat tertidur dengan tenang. Setidaknya itu yang benar-benar saya alami sendiri, saya hanya dapat tidur 4-5 jam dalam sehari. Dalam kondisi ekstrim saya pernah beberapa kali tidur dengan bantuan obat yang diresepkan oleh dokter. Salah satu yang menjadi kelemahan INFJ adalah kesulitanya mengontrol pikiran nya sendiri, butuh tekad besar dan latihan yang tidak sebentar sampai INFJ benar-benar menjadikan pikiran-nya ada dibawah kendali.

INFJ Slam Door

Dasar dari hubungan INFJ adalah kasih sayang, kepercayaan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiakawanan maka dari itu berhati-hatilah jika kalian membuat cela pada nilai-nilai tersebut. Jangan sekali-kali mempermainkan salah satu-nya kalian bisa terkena Slam Door, inilah sifat khas INFJ. Slam Door / Banting Pintu maksudnya adalah ketegasan yang sesungguhnya dari INFJ mereka hanya akan melakukan nya jika kesalahan yang dilakukan orang lain sangat fatal menyangkut nilai-nilai moral yang mereka pegang. Mereka tidak akan segan untuk menghapus total apapun tentang orang-orang yang telah menyakiti-nya berulang kali dan membuat nya kecewa teramat dalam, kecuali bila orang yang bersangkutan menyadari kesalahan nya mungkin INFJ masih akan memberi kesempatan namun semuanya sudah tidak akan sama lagi.

🇧 🇪 🇮 🇳 🇬.🇮. 🇳.... | Quotes & Writings by Ojoma Mari Marcil ...

Sikap INFJ yang terlalu menganggap orang lain seperti diri-nya lah yang sering membuat mereka mudah untuk dikhianati dan disakiti karena dianggap bahwa INFJ akan terus memberi maaf walau nyatanya tidak, INFJ juga memiliki batasan. Jika batasan itu dilanggar maka INFJ bisa berubah dan mengeluarkan sisi terdingin dalam diri-nya yang sesungguhnya mereka simpan rapat-rapat. Mereka akan menampilkan sikap dingin dan acuh kepada orang yang telah merusak kesabaran-nya berulang kali. Ini adalah bentuk pertahanan para INFJ karena dengan memutus hubungan itu mereka merasa lebih baik sebab sumber racun telah lenyap.

Namun sayangnya sikap ini sering disalahartikan karena INFJ dianggap memutus silaturahmi. Padahal yang terjadi sesungguhnya adalah INFJ telah mencapai klimaks kesabaran karena sikap pengertian dan pemberian maaf mereka dianggap sepele. Banyak yang tidak mengerti menjadi seorang INFJ itu bukanlah perkara yang mudah, mereka harus terus berjuang untuk tetap normal dengan segala kerumitan yang ada dalam dirinya. Kebanyakan orang Indonesia yang cenderung mengusung budaya ekstroversion mengganggap INFJ adalah pribadi yang tidak wajar sehingga dengan mudah nya mereka diberi pelabelan yang menyakitkan. Sungguh tragis bukan main, padahal INFJ menghabiskan sebagian besar waktu nya untuk menolong orang lain dan memberikan hasil kerja keras nya untuk kepentingan orang banyak namun mereka berakhir dengan cibiran hanya karena mereka memiliki pikiran, selera, pilihan hidup yang tidak seperti kebanyakan orang.

Menjadi minoritas kepribadian itu memang kadang menyakitkan tapi selama kita bisa memandang hanya pada sisi baik nya kita akan tetap bisa bertahan. Hal ini lah saya sangat khawatirkan bila pelabelan itu terjadi pada para INFJ kecil yang masih lemah dan tergantung pada orang dewasa, mereka belum terlalu paham tentang kerumitan diri kecilnya namun mereka harus dipaksa menerima untuk dianggap aneh yang mungkin akan berakhir dengan bullyan. Ini lah yang menjadi salah satu alasan mendasar saya mengapa berniat menulis artikel mengenai INFJ, saya ingin melindungi para INFJ kecil yang mungkin sulit dipahami oleh orang-orang sekitar-nya.

INFJ Sering Disalahpahami

Dari semua penjelasan di atas semuanya menjadi lebih masuk akal kenapa INFJ sering disalahpahami. Karena kerumitan yang terjadi dalam segala kompartemen tubuh, hati, dan pikiran nya itu. Sejujurya menjadi INFJ itu tidaklah mudah di negeri +62 ini mungkin sebagian dari kami pernah mengalami tekanan masyarakat karena dianggap tidak umum, dicurigai, dijadikan bahan gunjingan,  dilabeli yang bukan-bukan dan yang lebih parah kami dianggap punya dosa banyak dan kerasukan jin karena dianggap punya kemampuan metafisika ( kurang apalagi biar puas ;v).

Tokoh-Tokoh INFJ Di Dunia

Tokoh-tokoh terkenal INFJ di dunia baik non fiksi maupun fiksi diantaranya adalah J.K Rowling penulis yang berhasil membuat cerita Harry Potter yang fenomenal dan berhasil menyita perhatian banyak anak-anak juga orang-orang dewasa di seluruh dunia. Fyodor Dovstoevsky penulis besar pada abadke 16 di Rusia,  Aktivis HAM Marthin Luther King terkenal atas perjuanganya menghapus krisis Rasialis. Juga mereka yang dikenang menjadi penebar kedamaian dan penegak keadilan seperti Pangeran Diponegoro, Nelson Mandela dan Mahatma Gandhi karena kalau seperti Nabi kan gak mungkin diperbandingkan. INFJ juga sering menjadi bagian tokoh-toko utama dalam film-film Box Office seperti tokoh Aragorn, Lady Galadriel, Gandalf pada film Lord Of The Rings, atau tokoh nyata seperti Dr.Carl Jung yang ilmu nya jadi acuan MBTI ini. Ada pula Plato seorang Filsuf dan Matematikawan pendiri sekolah tinggi pertama di benua eropa, adalagi presenter kenamaan dunia Oprah Winfrey. Mereka orang-orang INFJ yang walaupun sedikit tapi memberi pengaruh yang banyak dan abadi untuk perbaikan dunia.

Lalu bagaimana dengan tokoh INFJ di Indonesia? barangkali ada namun keberadaan mereka sangat sulit terdeteksi atau mungkin memang sengaja menenggelamkan diri karena negeri ini umumnya menganggap manusia normal adalah mereka yang bersifat ekstrovert. Namun satu tokoh besar Indonesia yang sangat memenuhi kriteria INFJ adalah Pangeran Diponegoro, sulit sekali menemukan sosok seperti ini lagi di Indonesia yang sanggup membuat perencanaan dan merancang strategi perang yang hebat dan sukses menguras separuh kas negara Belanda. Meskipun gerakannya sangat dibenci oleh Belanda namun sosok nya sangat dikagumi oleh mereka, hal ini  terbukti dengan banyak-nya barang-barang yang berkaitan dengan pangeran Diponegoro yang disimpan oleh arsip kenegaraan Belanda. Manuskrip Babad Dipanegara yang ditulis oleh tangan-nya sendiri saat diasingkan di Sulawesi juga di akui oleh UNESCO sebagai kenangan dalam sejarah dunia. Selain itu para sejarawan dunia juga menobatkan Pangeran Diponegoro sebagai ” The Great Commander of The Field War “. Kesuksesan besar beliau bisa jadi karena ketepatan pola asuh yang diterapkan oleh nenek buyut nya karena beliau dapat melihat potensi yang berbeda yang ada dalam diri Pangeran Diponegoro.

Dari segala penjelasan diatas yang saya olah dari banyak sumber terpercaya yang memang sangat relevan dengan apa yang rasakan selama 31 tahun menjadi seorang INFJ. Seolah keberadaan INFJ yang sedikit didunia seperti membuktikan bahwa golongan “ the choosen one “ alias orang-orang pilihan itu memang ada. Ingin senang atau sedih nyata-nya menjadi INFJ memang berat dan sering merasa kesepian ditengah dunia yang begitu ramai, semoga kami tetap kuat hingga habis waktu didunia.

Jadi bagaimana teman-teman apakah kalian para manusia langka ini? Jika merasa tanda-tanda diatas mendeskripsikan diri kalian segera lakukan pengembangan diri dan carilah mentor yang tepat, agar bakat yang Tuhan anugrahkan pada kalian bisa bermanfaat untuk manusia dan dunia. Tapi jika kalian tidak merasakan tanda tanda diatas, kalian dapat tes sendiri kepribadian kalian di sini. Dan jika orang-orang terdekat kalian memiliki tanda-tanda seperti diatas please jangan kalian hakimi dan paksa mereka untuk menjadi yang bukan diri-nya. Sebaliknya bersyukurlah, dukunglah mereka untuk menemukan jalan-nya menjadi seorang problem solver yang handal, menjadi seseorang yang inspiratif dengan apapun latarbelakang nya.

Sekali lagi penting sekali mengenali diri sendiri, tes kepribadian akan sangat membantu kita melihat potensi diri sehingga tahu harus kemana arah pengembangan nya. Kembangkan dan hidupilah karakter diri kalian masing-masing jangan menjadi foto kopi karakter orang lain, hanya dengan itu karakter kalian dapat tumbuh optimal. Bagaimanapun hebat nya sosok orang yang kalian tiru cukupkan mereka sebagai inspirasi, jadilah versi terbaik dari diri kalian karena setiap kita menyimpan DNA tunggal yang mencirikan diri kita yang sesungguhnya.

Nah sampai jumpa dicerita berikut nya, jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk dishare. Terimakasih sudah mau mampir di lhdini.com keep sharing, keep caring, keep in touch.

 

 Salam Hangat

Avignam Jagat Samagram

LH. Dini

 

Baca juga. Menjadi INFJ Yang Lebih Percaya Diri, Sehat dan Bahagia

 

 

 

 

Sumber Tulisan

14+
mm

LH. Dini

Seorang INFJ yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang karena separuh hidup dan cinta-nya telah menyatu dengan jalanan. Jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

20 comments

  • 3+

    Penjelasan yang sangat mewakili yang diharapkan. Khususnya waktu memmbahas tentang memprediksi masa depan dan orang lain, saya juga tahu ternyata itu karena kemampua n intuisi saya yang tajam. Sampai harus memikirkan segala kemungkinan yang ada itu memang ciri kkhas saya.
    Kemudian tentang “kita hidup di negeri yang menjunjung ekstroversian” itu sangat benar.. orang2 selalu meninggikan hidup yang ramah banget mirip ekstroversian, tapi kurang memilih dan cenderung akan menolak berteman dengan kita, seolah2 kita adalah orang yang tidak mau berteman. Padahal kita juga mau berteman, hanya sifat kita tidak bisa merespon seperti Ektrovert. Bener juga.. kadang lebih baik tinggal di luar Indonesia yang menjunjung juga introversian juga, karena kita juga manusia yang berharap ada kawan dan tidak ditolak karena itu.
    Satu hal lagi yang saya rasakan lagi adalah disalahpahami sampai dirasa tidak memikirkan orang lain, padahal usaha kita juga untuk bisa memberi itu tanpa imbalan dari mereka, tapi kalau imbalan setidaknya jangan sampai melihat kita tidak peduli sama mereka.

    3+
    • 4+

      Menjadi Infj memang rumit sekali, tapi kalo kita menganggap apa yg kita rasa adalah anugrah maka itu akan menajdi kesyukuran dn keberuntungan, memang perlu melatih diri dengan sungguh bahkan mungkin hingga mati2 an sampai kita mampu mengndalikan kerumitan yg ada dlm diri kita sendiri sehingga kita ga perlu terjebak terlalu lama dengan oberthingkin dn perasaan termarginalkan, akhirnya saya sadar saya ga perlu lg mencari orang yg mau memahami, saya mwnerima diri saya seperti ini dg syukur dan menerima bahwa memang saya harus sering sendiri hehehe, semangat ya terus mengupgrade diri smeoga semua ini bs menjadi kekuatan utk memberikan perubahan manusia dan kehidupan kearah yg lebih baik, kalau kita menyadari kehadiran INfj di dunia utk membawa perubahan utk dunia saya yakin semua INFJ akan lbh bersemangat 🙂

      4+
  • 2+

    Terimakasih atas penjelasan yang sangat rinci dan menarik. Seperti yang telah dijelaskan bahwa di Indo orng-orang terkadang salah memahami orang-orang dengan kepribadian INFJ ini, tapi hal yang penting adalah bagaimana kita memahami dan memaklumi ketidakpahaman orang lain mengenai keunikan pada kepribadian INFJ yang mungkin dikarenakan ketidaktahuan mengenai berbagai jenis kepribadian setiap orang. Jadi, menurut saya hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana mencoba untuk “yaudahlah yaa…” dan tetap melukakan apa yang ter-intuisi-kan dalam diri kita.

    2+
    • 3+

      Betul yaudahlah mmg cara terbaik krn kita ga bisa menuntut minoritas utk bisa dipahami, hanya saja mayoritas pun perlu dikenalkan bahwa ternyata memang ada manusia2 langka ini disekitarnya, bagi kita yg dewasa saja perlu berjuang keras utk mengontrol pikiran sendiri apalagi bagi INfj kecil mereka benar2 akan merasa insecure terlebih jika orang tua nya ga cukup sabar dalam memahami, yah sebenarnya ini sih tujuan mendasar nya semoga aja pandangan publik bisa sedikit terbuka dan tidak menghakimi anak anak INFj yg masih kecil, syukur2 mereka lebih sadar dn mensupport tumbuh kembang mereka

      3+
    • 2+

      infj : ujung2nya “Ya udahlah.. YAAA”
      terus kena lagi
      “Ya udahlah.. YAAA” lagi..
      10 tahun kemudian..
      infj : Sampe akhirnya jadi dingin
      people : Lohh aku salah APA sih??
      infj : *Otak muterrrrrrrrrrrr*, PAk RAMEX dan pasukannya pun angkat badan.
      Lalu…
      infj : “Ya udah.. Gak papa” 🙃
      dalem hati *Am I joke to you?”🤡
      TAMAT

      2+
  • 2+

    Mba.. Aku baca ini nyesek banget.. Nahan nagis.. Terutama soal INFJ kecil..
    Saya sudah berkecimbung dengan dunian INFJ kurang lebih 20 thn, dan selama itu pula saya berusaha membenahi dan menenangkan segala kegilaan yang ada pada diri..
    Dari kecil hingga detik ini, berjuang dengan segala Misunderstanding masyarakat dan segala selak beluknya.. Sungguh, sering sekali setiap jalan buntu itu menuntun pada kebencian pada diri sendiri.. Hidup di negara dengan penduduk berprinsip ekstro bisa dikatakan sangat2 sulit bagi saya.. Sungguh..
    Terkadang putus asa..
    Bahkan bagi keluarga yang sangat memahami, terkadang belum bisa menerima secara utuh dgn segala kejanggalan dan keadaan diri..
    Sempat ketika sya di banggu menengah, mulut dan bibir ini sangat kelu.. Suara saya nyaris tidak bisa keluar.. Sulit..
    Sampai terkadang.. Tidak ada lagi rasa takut pada kematian..
    Kebass.. Sungguh kebass..
    Tidak ada lagi rasa percaya diri ketika berhadapan dengan cermin..
    Saya berkali2 dikasuskan di sekolah2 saya karna misunderstanding.. Bahakan pernah dikeluarkan..
    Sungguh.. Rumit..
    Rasanya ingin lepass.. Ingin.. Sangat ingin menangis..
    Terimakasih mba.. Saya Sangat2 bersyukur bisa membaca tulisan mba..
    Berharap dapat terus berjuang dan terus bertarung untuk berdamai dengan segala molekul didiri dan dunia.. Semoga bisa terus bermanfaat.. Sukses mba..

    2+
    • 1+

      Apa yang kamu rasakan adalah bentuk ketidakterimaan diri sendiri dg karakter ini dan akibat dr itu akan menyakiti diri sendiri, sekarang mulai untuk selalu fokus melihat pada kebaikan2 diri sendiri, memberi jatah rasa bahagaia dan nyaman hati dan pikiran, kita harus berjuang untuk tidak perlu mendengar apa yg tidak harus didengar, mengerem pikiran jika sudah merayap kesana kemari, kita btuh pengalihan saat overthingking sudah menyerang misal dg melakukan sesuatu yg paling kita sukai

      Kita juga perlu ada dalam lingkaran supportif, berteman dg teman2 berkarakter ekstro/intro – intuisi atau intro/ekstro-feeling spt INTP ENTP INTj ENFJ ENFP atau sesama INfj krn merekalah yg akan dapat menerima dn memahami kerumitan Infj

      Tp sesungguhnya yg akan jadi kekuatan adalah penerimaan terhadap diri sendiri segingga kita dpt stabil baik secara emosi maupun pikiran, dg begini kita dapat mengendalikan overthingking yg membuat hidup infj bisa terpuruk habis habisan

      Jangan menyerah selama masih bernafas tidak ada yg terlambat, masih banyak hal baik yg masih bisa kita upayakan terutama untuk diri sendiri, jangan selalu mendulukan orang lain kita perlu menaruh batas demi kberlanjutan hidup kita kedepan

      Semangat, keep hope live

      1+
  • 3+

    Terima kasih karena sudah menulis ini… Setidaknya saya merasa terobati dan fokus dengan kelebihan saya… hampir nangis bacanya…

    3+
  • 2+

    Saya hanya berharap supaya lebih banyak orang2 baca ini.. terutama kalau lihat adanya karakter atau gen INFJ di keluarga mereka.. Kalau nasi udah jadi tepung kanji, susah sekali menyembuhkan luka batin.. terutama buat INFJ kecil.. saya pun pernah kena bullying dulu.. tapi ya sudahlah.. sekarang saya hanya ingin Indonesia lebih melek sama hal seperti ini… Kalau sekali atau dua kali ada kesalahan, mungkin enteng atau sepele.. tapi please lama2 jadi bom waktu.. kayak saya, udah telat, umur saya udah kepala kembar 2.. Menyakitkan sekali kalau lingkungan tidak mengetahui pribadi seperti apa kita ini… Rasanya kami ini seperti barang udah ditangan, eh baru setengah hari udah pengen di retur aja dah sama pemilik aslinya… Seperti ditolak gitu.. Aduh maaf jadi curhat.. tapi bener gak sih emang gitu rasanya?

    2+
    • 1+

      Barangkali bisa spt merasa ditolak, tp orang2 yg menghargai dan menerima kita juga ada jadi tinggal kita fokus pada orang2 yg supportif atau tidak

      Tp sesungguhnya yg akan jadi kekuatan adalah penerimaan terhadap diri sendiri bukan penerimaan ornag lain segingga kita dpt stabil baik secara emosi maupun pikiran, dg begini kita dapat mengendalikan overthingking yg membuat hidup infj bisa terpuruk habis habisan

      Walaupun realitanya kita agak kesulitan utk ga memasukan kedalam pikiran komentar orang tp teteplah berusaha utk selalu mengembalikan fokus gapapa jatuh bangun lama2 nanti kita terbiasa dn terpola untk on off kan pikiran

      1+
  • 0

    Sepupu saya seorang INFJ. Saya tahu karena saya memintanya untuk mencoba tes 16 personalities dan dia setuju. Awalnya saya mengira dia INFP, tapi setelah saya mengingat-ingat perilakunya, saya yakin dia adalah INFJ. Saya sendiri adalah seorang INTJ. Dan saya perempuan, sehingga kepribadian saya sulit diterima bahkan oleh orangtua saya (Ibu saya ESFJ dan ayah saya ESFP).

    0
    • 0

      INfJ dan Infp memang sangat mirip tapi ada hal hal tertentu yg membedakan terutama mengenai Slam Door, INfJ akan melakukan itu tp InFp kemungkinan tidak, selain itu saat saat tertentu infj bisa menampilkan performa kebalikan dari diri umum nya.

      Menurut saya INTj adl kepribadian yg sangat menarik krn biasnaya INfj dn INtJ dapat sejalan mereka sama sama memilik kompleksitas berpikir dan kesamaan dlm memandang dunia, INfj wanita memang lbh sedikit dibanding intj laki laki sama halnya dg INFJ laki laki.
      Pasti sulit memang kondisi nya tapi saya percaya INTJ adalah pribadi yg sangat percaya diri dn sanggup berdiri sendiri meski mereka jg sulit dipahami, kita tidak harus berfokus pd orang2 yg tdk mau memahami, kita hanya cukup berkumpul dg mereka yg bisa menghargai kehadiran kita meski mereka bukan bagian dr lingkaran keluarga

      Saya percaya INTJ disisi terdalam nya adalh seorang dg hati yg hangat dn pengertian juga pendengar yg baik walaupun mereka sering dicap sbg pribadi yg angkuh dan dingin diluar

      Kita hanya perlu berkumpul dg ornag2 yg tepat, saya senang kedatangan tamu INTj di kolom komentar ini semoga hari mu menyenangkan 😊

      0
  • 0

    Saya infj cowok mbak, kadang merasa aneh bgt sama diri sendiri. Sadarnyabsetelah ikut tes mbti dan hasilnya infj lalu browsing2 tentang kepribadian infj

    Saya juga pernah doorslam temen kantor dulu ada beberapa yang daya doorslam

    0
    • 1+

      Wah INFJ cowok ini lebih sedikit dibanding INFJ cewek mas, mas nya patut semakin bersyukur ya, memang kita semua pernah ngrasain ada dalam fase ga paham sama mau kita yg sebenernya karena cara kerja pikiran kita memang sangat rumit, yang penting serumit apapun kita tetep bisa pegang kendali diri sendiri itu yg harus selalu kita latih, jangan sampai pikiran kita yg ambil kendali

      Door slam its okay kita butuh menjaga diri dari racun, biarkan aja apa kata orang lain mereka ga paham betapa rumit nya di dalam diri kita, ini cara terbaik kita utk bisa tetap sehat secara mental

      1+
  • 0

    Terima kasih mbak,saya jadi lebih mengerti bagaimana seseorang yang memiliki kepribadian INFJ,karena saya termasuk kepribadian tersebut,itu pun saya baru setelah saya mengikuti tes,karena saya bingung dengan diri saya sendiri,yang menurut saya,saya berbeda dengan anak yang lainnya.saya INFJ cewek berumur 15 th.sekali lagi terima kasih untuk infonya mbak

    0
  • 0

    Terima kasih atas penjelasan tentang kepribadian INFJ nya mbak,saya INFJ cewek berumur 15 thn,saya tahu bahwa saya adalah seseorang yang memiliki kepribadian INFJ/advokat baru2 ini,saya mengikuti MBTI test.Dan sekarang saya melihat penjelasan dari mbak penjelasannya sangat jelas.

    0
    • 0

      Wah bagus sekali sudah tahu sejak dini, jadi masih banyak sekali waktu yg bisa dipakai utk berkembang tanpa harus dihabiskan dlm kebingungan tentang jati diri, selamat berlatih ya dek untuk semua kelebihan nya 😃👍

      0
  • 1+

    Terima kasih unk “pencerahan” ny.
    Sy jg INFJ, kr2 90% kepribadian INFJ-T ad dlm diri sy, shg dr kecil smp skrg org lain bahkan keluarga sendiri melabeli sy org “aneh”
    Saat kecil sering bingung krn merasa berbeda & merasa bahwa dunia ini bkn tmp yg tepat unk sy.
    Sampai skrg sy msh bjuang unk mjd “normal”
    Semangat…!!!👍😊

    1+
    • 0

      Yang terpenting adalah membuat diri dan hidup kita nyaman terlebih dulu dg dunia ini, kita sebaiknya percaya diri untuk menjadi normal versi diri kita sendiri bukan versi dari orang lain

      Semangat ya, terus berjuang dan bertumbuh jadi infj yang bahagia 💪🏽😃

      0

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed

This site uses cookies to improve your experience, to enhance site security and to show you personalized advertising. Click here to learn more. By clicking on or navigating the site, you agree to our use of cookies.