LH. Dini Official

Sobat Ambyar Berduka, Selamat Jalan Mas Didi Kempot Sang Legenda

0

Hari ini banyak masyarakat Indonesia berduka kehilangan seorang icon musik tanah air yang legendaris, ia adalah Didi Kempot. Maestro Campur Sari bernama asli Dionisius Prasetyo yang merupakan adik kandung pelawak Srimulat Mamiek Prakoso itu tutup usia di RS Kasih Ibu, Solo Selasa (5/5/2020) pukul 07.45 WIB. Kepergian-nya meninggalkan duka dan sejuta kenangan serta karya yang fenomenal tak hanya didalam negeri namun juga diluar negeri.

Didi Kempot adalah musisi yang berhasil melestarikan dan mengangkat salah satu budaya khas Indonesia yaitu musik keroncong campur sari hingga mendunia. Dia adalah musisi yang padat karya dan konsisten, mulai berkiprah dari tahun 1989 hingga akhir perjalanan hidup-nya Didi Kempot telah menciptakan sebanyak 800 buah lagu yang sebagian besar ia tuliskan dalam bahasa jawa sekaligus mengaransemenkanya sendiri.

Kehadiran Didi Kempot sangat lekat dengan masyarakat lapisan bawah, seolah Ia memang sengaja berkarya untuk memberi hiburan bagi kehidupan mereka yang penuh dengan satir. Barangkali karena ia berangkat dari musisi jalanan sehingga dapat memahami betul perasaan kaum bawah. Tapi nyata-nya sajian musik milik Didi juga sukses menuai perhatian kawula muda jaman now dimana mereka mulai bosan dengan sajian musik saat ini. Kekhasan Didi dalam bermusik memberi warna baru para generasi milenial, terbukti dengan lahir-nya fans yang menamakan diri-nya Sobat Ambyar yang ternyata jumlah-nya tidak sedikit. Bahkan tiket berbagai konser Didi pun selalu habis terjual, ia melakukan konser hampir setiap hari diberbagai kota di Indoensia. Akhirnya Didi Kempot berhasil menebarkan pesona-nya hingga berbagai kalangan dan digemari oleh banyak anak muda milenial. Ini membuktikan bahwa sesunggu-nya karya Didi Kempot adalah universal berkarya dengan sepenuh hati maka akan sampai pada hati siapapun yang mendengar-nya.

The Godfather of Broken Heart adalah julukan yang disematkan anak jaman now untuk Didi Kempot karena lagu-lagu nya didominasi oleh tema luka hati. Tema yang lekat dengan kehidupan sehari-hari, Didi mengakui bahwa semua lagu ciptaan-nya terinspirasi dari pengalaman hidup-nya sendiri yang sering mengalami luka hati. Meski begitu Didi Kempot dapat mengemas lagu-lagu bertema luka hati-nya dengan baik sehingga tetap dapat memberikan efek hiburan.

Lontang Lantung Di Trotoar Tapi Di Puja Di Luar Negeri

Mungkin tidak banyak yang tahu, sesungguhnya ketenaran pria kelahiran Surakarta 31 Desember 1966 ini pertama kali bukanlah di Indonesia karena di tanah air pada masa itu lagu keroncong masih dianggap norak dan kampungan. Ia hanya bisa memperkenalkan lagu-lagu nya di sepanjang jalan trotoar ibukota yang saat itu biasa disebut kelompok pengamen trotoar.  Seakan tidak ingin melupakan darimana ia berasal Didi lantas menyematkan nama Kempot sebagai nama panggung-nya yang merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar.

lagu Cidro adalah lagu pertama yang membawa-nya tampil di benua Eropa yaitu negeri Belanda dan Suriname Amerika Selatan. Antusiasme masyarakat Belanda dan Suriname terhadap Keroncong Campur Sari membuat Didi keheranan. Hal itu memacu-nya untuk segera membuat album. Debut album pertama Didi bahkan ia buat di Suriname, ia meraih sukses atas karya-karya nya tidak di tanah air sendiri melainkan dinegeri nun jauh disana. Setelah sukses di luar negeri rupa-nya musik Didi Kempot mulai di lirik publik Indonesia, sehingga ditahun 1999 Didi Kempot pun membuat album pertama-nya Stasiun Balapan dan kemudian meledak di pasaran. Perlu menunggu 10 tahun bagi Didi untuk bisa mendapat panggung di negeri sendiri, selanjut nya Didi pun mulai konsisten mengeluarkan album untuk publik tanah air hingga mencapai 50 album dengan kurang lebih 800 lagu.

Didi Kempot adalah sosok musisi yang begitu konsisten dan sabar, ia bukan musisi yang oportunis yang mudah lompat kesana sini demi meraih pundi-pundi uang. Didi adalah musisi berkarakter yang mewakili kultur masyarakat jawa yang sabar dan telaten. Didi Kempot adalah seniman sejati yang bisa memahami nilai-nilai seni musik dan menerapkannya dalam setiap lagu yang ia ciptakan. Selamat jalan maestro Indonesia Dionisius Prasetyo, the godfather of broken heart karya-karya mu akan selalu dikenang dan mewarnai sejarah permusikan tanah air dan dunia.

Baca Juga : Sasando, Sebuah Karya Agung Dari Pulau Rote Untuk Indonesia

0
mm

LH. Dini

Seorang INFJ yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang karena separuh hidup dan cinta-nya telah menyatu dengan jalanan. Jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed

This site uses cookies to improve your experience, to enhance site security and to show you personalized advertising. Click here to learn more. By clicking on or navigating the site, you agree to our use of cookies.