LH. Dini Official

8 Hal Ini Bikin Ibu Petualang Betah Dirumah Aja

0

Let’s back to reality setelah kemarin menggores tinta masa lalu di tulisan Nasihat Ibu Masa Dulu Untuk Ibu Masa Kini. Sekarang kita hadapi kembali kenyataan Pandemi dengan tetap senang dirumah aja. Walaupun saya tipe yang suka bertualang kemana-mana, lantas  am i going to dead  if i stay at home for long time? the answer is, Big NO, fokus tentang corona harus kita pecah ke hal-hal lain yang lebih menyenangkan dan positif supaya kita tidak sukses dibunuh rasa bosan.

Walaupun saya membawa personal branding travel to inspire, bukan berarti saya orang yang tidak bisa menikmati beraktifitas dirumah. Justru rumah-lah tempat ternyaman bagi saya selain destinasi-destinasi petualangan. Terdengar paradoks ya ha ha, tapi no problem dimanapun selama hati nyaman dan tidak merugikan orang tak perlu jadi masalah.

Nah 8  Hal ini yang saya lakukan selama dirumah aja bersama keluarga

1.Nonton Film Favorit

Apalagi sih yang lebih menyenangkan dirumah kalau engga acara nonton film favorit. Film itu selalu sukses membuat pikiran dan imajinasi saya melayang kemana-mana bertualang menjelajahi ruang dan waktu meski badan tetap di tempat aja ha ha. Beberapa film ini sering banget saya putar ulang bareng suami dan anak dan heran-nya tetap juga engga bosen. Sequel The Hunger Games, The Lord Of The Ring, Drama Anime Kolosal Jepang Inuyasha, dan Film-film Animasi Disney petualangan. Semua film ini berisi dunia perjalanan yang menurut saya seru banget, ga hanya seru tapi juga banyak pesan moral-nya. Kecuali The Hunger Games dan sequel saya ga berani nonton bareng Quin lumayan adegan sadis-nya, biasanya kalau doi udah tidur baru deh beraksi hi hi.

2.Mencoba Skill Baru

Siapa sangka saya yang punya trauma dengan kendaraan entah motor dan mobil sekarang akhirnya bisa mengendalikan-nya dengan cukup baik, cukup baik aja belum baik banget heheu. Nah skill mengendarai mobil baru bener-bener bisa saya lakukan selama masa pandemik ini,  seneng banget diri ini bisa melawan trauma masa lalu. Ngerasa wabah ga hanya tentang kemurungan. Biasanya setiap sore saya latihan dilahan kosong dekat laut, insyaAllah tidak ada lalu lalang orang jadi aman deh.

3.Belajar Bahasa Asing

Kenapa saya dan kamu perlu menambah skill berbahasa asing? karena bahasa itu penghubung antar manusia dengan teritori yang berbeda. Semakin banyak menguasai berbagai bahasa akan memberi nilai tambah pada diri kita. Seperti buku, bahasa juga dapat menjadi jendela dunia, gimana engga asik setiap brosing artikel tertentu ga perlu buka-buka bing translator atau google translet jadi cepet banget menembah informasi dikepala kita he he. Nah bahasa yang lagi getol saya pelajari adalah bahasa Jepang, karena negara itu kebanyakan warga-nya ga bisa bahasa inggris, mereka terlalu cinta sama tanah air lebih bangga pakai bahasa sendiri dari pada bahasa lain heheu.

Tapi maklum mereka bersikap begitu karena mereka percaya diri dengan keilmuan yang terus mereka kembangkan dan hebat-nya mereka bisa membuktikan kepada dunia bahwa ada ni negara Asia Timur yang kemajuan-nya bisa sekelas negara barat. Selain itu kenapa milih bahasa jepang sih, karena saya seneng banget sama sejarah dan budaya-budaya tertentu dari jepang, negara ini pandai menjaga martabat dan warisan sejarah bangsa-nya meskipun saya juga kurang suka dengan kekejaman masa lalu nya di Indonesia. But  its okey mereka sudah melakukan politik balas budi bahkan hingga saat ini untuk warga negara Indonesia.

4.Menulis Konten

Serius deh masa pandemik ini bikin saya lebih produktif dalam menulis dibanding sebelumnya. Mungkin karena dulu waktu masih bebas kemana-mana saya sibuk pindah dari satu tempat ketempat lain jadi kurang cukup energi buat konsentrasi menulis. Saya juga tipikal orang yang bisa dapet power tiba-tiba saat kondisi kondisi genting dan runyam ha ha, jangan lupa ya sering-sering mampir ke blog ini. Saya bisa lho menulis dengan berbagai gaya bahasa yang berbeda tergantung materi yang sedang dibahas. Jadi jangan heran ya gaya tulisan saya bisa sangat serius, sangat sentimentil atau bahkan sangat bikin awokwowk heheu karena prinsip yang saya pegang adalah menghindari kemonotonan dalam hal apapun.

5.Mencoba Resep Masakan

Pandemi yang juga berbarengan dengan bulan  suci Ramadhan bikin acara masak bareng keluar terasa lebih berarti, iyalah kan ga bisa kemana-kemana jadi dibawa asik aja dengan nyobain berbagai resep masakan dan minuman untuk sahur dan berbuka. Kegiatan ini cukup seru lho apalagi untuk anak-anak yang udah terlalu lama didalam rumah. Coba deh ajak anak-anak kita terlibat dalam acara masak pasti pada girang, jangan lupa untuk diingatkan mereka membantu bersih-bersih setelah masak ga main kabur gitu aja, kasian oi emak-nya terakhir rempong sendirian he he.

6.Olah Raga

Aktifitas satu ini penting juga ya gais, karena sering dirumah biasanya pergerakan tubuh jadi berkurang lemak bisa mulai menggelambir dimana-mana heheu. Nah olah raga dirumah hukum nya bisa jadi wajib nih, biasanya saya olah raga yang bisa sekalian have fun bareng anak. Mengadaptasi gerakan senam di babang Utub, terus lagu-nya diganti lagu anak-anak bahahhah kocak kan, gapapa teruslah ber-ide antimainstream anak senang ibupun riang ;v.

7.Berkebun dan Pelihara ikan

Waktu awal-awal heboh pandemi Covid19 dulu tahu sendiri kan tiba-tiba aja barang konsumsi pada ngilang dan ada beberapa yang harga nya naik drastis karena orang pada banyak yang nimbun makanan. Selain itu karena anjuran untuk dirumah aja jadi mengurangi aktivitas belanja belanji ke pasar. Akhirnya tercetuslah gimana kalau nanem sendiri di pot, dan jadilah beberapa pot isi-nya cabe, tomat, daun seledri, daun bawang, sayur bayem, bunga-bungaan dan lain-lain lumayan kan, serius berkebun dirumah itu bisa ngilagin suntuk. Aktivitas ini dilakukan bareng krucil dan bapaknya yang juga sekalian ngurusin kolam ikan kebanggaan-nya itu ;D. Bagus juga ide-nya pak suami ga tahu kalau ternyata bakalan ada wabah berkepanjangan gini, ikan-ikan dikolam yang udah dipelihara dari setahun lalu bisa sekali-sekali dijaring buat dijadiin tambahan lauk heheu.

8.Buka Album Foto Kenangan

Bikin album foto kenangan itu rasanya udah wajib karena saya melihat Ayah begitu niat untuk mengumpulkan kepingan kenangan dalam sebuah album. Ibuk yang cerita kalau dari kami bayi ayah selalu mengambil foto-foto kami, dari banyak nya album foto itu kami jadi tahu ” oh ternyata aku bayi begitu ya, oh ternyata aku dari kecil tuh udah kesana-kesini, dan oh ternyata, oh ternyata lain-nya “. Engga heran ayah seperti itu karena dia seorang yang begitu  menyenangi fotografi  bayangkan pada zaman kamera tusttle yang masih menggunakan film hitam itu ayah punya cetak film negatif nya sampai 4 karung  ( KARUNG ya ha ha) ukuran satu kuintalan itu dan saya benar-benar lihat sendiri itu cetak film negatif ada berkarung-karung dirumah masyaAllah.

Album foto kami semua ada banyaaaaaaaaaaak sekali. Nah dari situlah saya terbantu mengingat kenangan masa kecil, ternyata perasaan itu begitu dalam tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Rasanya kita seperti terhubung ke waktu yang udah begitu lama. Nah perasaan seperti itu bisa ada karena saya engga pernah sau kalipun memajang foto di tembok, kenapa? karena kadar kenangan nya akan berkurang drastis karena udah ngeliat setiap hari. Kalau lihat dari buku album itu lebih enak karena kita jarang liat jadi berlakulah hukum Gossen 1, merasakan kepuasan yang maksimal hi hi. Selain itu saya juga tipe pecinta ruangan minimalis alias ga ada barang banyak-banyak jadilah tembok itu kosong paling satu dua lukisan pemandangan yang bertengger.

Nah siapa bilang dirumah aja bikin bosen ada banyak cara kok supaya kita ga terbunuh rasa bosan tinggal diputar aja roll ide-nya, selain itu dirumah aja juga bisa bikin kamu tambah skill, wawasan juga hidup bisa lebih hemat dan sehat.  Kalau cara saya seperti diatas kalau cara seru kalian gini gimana gais, barangkali cara kalian bisa juga jadi referensi teman-teman yang lagi baca tulisan ini ;p.

Happy Hunger Game, Stay Hungry Stay Foolish, Mari kita biasakan untuk tidak fokus pada masalah tapi lebihkan fokus pada kemungkinan terbaik-nya you know kejeniusan itu banyak datang dari ide-ide konyol yang berhasil dibuktikan. Sekian dulu berbagi cerita-nya yak mungkin lusa atau dilain hari kita sambung lagi, keep sharing keep caring ;D.

 

Avignam Jagat Samagram

Salam

LH. Dini

0
mm

LH. Dini

Seorang INFJ yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang karena separuh hidup dan cinta-nya telah menyatu dengan jalanan. Jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

2 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed

This site uses cookies to improve your experience, to enhance site security and to show you personalized advertising. Click here to learn more. By clicking on or navigating the site, you agree to our use of cookies.