LH. Dini Official

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

0

Dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah disepakati pemimpin dunia termasuk Indonesia, pendidikan menjadi tujuan penting yang harus secara serius diupayakan pemerataan-nya untuk dapat mengurangi kemiskinan, kesenjangan sosial serta mencegah kerusakan pada lingkungan.

Realita-nya menghadapi problematika seperti diatas bukanlah perkara mudah yang hanya dapat dilakukan oleh satu sektor saja. Dibutuhkan kerjasama yang kompak antar berbagai pihak agar tujuan yang termaktub dalam SDGs tersebut dapat tercapai. Dengan target yang hendak dicapai dan mengharapkan hasil yang optimal maka suatu negara juga akan membutuhkan sumberdaya dengan kemampuan optimal pula sehingga dapat membantu mewujudkan pencapaian yang diinginkan.

Tak dapat dipungkiri aspek pendidikan merupakan target utama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia.  Kontribusi yang diberikan oleh sumberdaya manusia unggul dapat memperbaiki kondisi disekitar kehidupan mereka secara khusus dan pada akhirnya dapat menjadi anak tangga yang dapat digunakan untuk melakukan pencapaian tujuan pembangunan bangsa secara fungsional.

Salah satu langkah strategis yang dapat dilakukan adalah dengan menggandeng lebih banyak peran perempuan, mengingat perempuan merupakan subjek vital dalam membangun generasi yang akan meneruskan tonggak kedaulatan bangsa. Naluri alamiah perempuan sebagai seorang Ibu dapat diserap kedalam elemen-elemen pembangunan. Tercapainya cita-cita bangsa dapat lebih mudah diraih dengan dukungan sumber daya manusia unggul yang melimpah. Oleh karena itu menguatkan perempuan Indonesia dengan kecukupan pendidikan menjadi mutlak untuk dilakukan.

Namun, sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang beranggapan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi. Karena akhirnya hanya akan berkutat pada urusan anak dan domestik rumah tangga. Pemikiran dangkal seperti inilah yang akan menghambat sebuah perubahan nasib bagi diri sendiri maupun keluarga. Selain itu kental-nya budaya patriarki yang masih menjadi tradisi diberbagai pelosok daerah tidak memberikan ruang lebih bagi perempuan untuk mendapatkan akses pengetahuan. Selain itu rantai kemiskinan juga menjadi salah satu penyebab mengapa pola pikir seperti itu terus terbentuk. Padahal sejatinya pengaruh dari pendidikanlah maka kesejahteraan seseorang dalam hidup nya menjadi lebih baik.

Perempuan sudah seharus-nya mendapatkan hak pendidikan setara dengan laki-laki dimanapun mereka berada. Karena dari rahim perempuanlah para pemimpin bangsa yang baru akan terbentuk. Menjadi hal penting bahwa pemerataan akses pendidikan haruslah sampai pada akar rumput tidak hanya pada batas teritori tertentu saja. Pendidikan akan membuat perempuan menjadi lebih mandiri dan berkekuatan dalam menjalankan pola asuh, sehingga mereka dapat membentuk seorang manusia yang bernilai lebih dari 1000 orang.

Dari rahim perempuan-perempuan cerdaslah para pemimpin bangsa yang cerdas terlahir untuk dapat mengatasi berbagai problematika pelik bangsa. Dengan demikian tujuan mengentaskan kemiskinan, kesenjangan sosial dan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan dapat lebih mungkin untuk diwujudkan ditangan mereka. Tak hanya membentuk calon pemimpin hebat, kemandirian dan pengetahuan perempuan terdidik akan membantu bangsa menghadapi berbagai tantangan dunia.

Saat ini kemajuan proses pendidikan di Indonesia  sendiri kian menunjukkan performa yang baik dari waktu ke waktu, salah satu contoh dengan berdiri-nya EduCenter di berbagai wilayah di Indonesia. EduCenter sendiri adalah gedung dengan konsep pendidikan pertama di Indonesia yang diciptakan untuk menjadi solusi keluarga untuk mengefisienkan dan memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh anak-anak untuk kemudian bisa digunakan bersama dengan seluruh anggota keluarganya. Sebagai pusat pendidikan, EduCenter akan menjadi trend di kalangan keluarga Indonesia.

#educenterid

0
mm

LH. Dini

Seorang INFJ yang bahagia menyebut diri-nya Ibu Petualang karena separuh hidup dan cinta-nya telah menyatu dengan jalanan. Jika usia dimakan waktu maka kenangan yang disimpan akan bertahan selama-nya.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed

This site uses cookies to improve your experience, to enhance site security and to show you personalized advertising. Click here to learn more. By clicking on or navigating the site, you agree to our use of cookies.