Spread the love

Hai guys ketemu lagi dengan saya di hari ke-7 BPN Day Challenge 2018, kali ini saya akan menulis tentang 5 tempat makan favorit saya di 5 kota. Tapi sebelumnya saya ingin bercerita sedikit, sejak menikah dan mendapat suami orang Surabaya saya resign dari pekerjan sebagai pengajar dan ikut pindah dari kota kelahiran di Jakarta ke kota asal suami ini yang tidak jauh dari kota wisata Malang. So, tempat liburan yang paling sering saya kunjungi pun pastilah kota Malang karena jaraknya yang dekat.

Kalau dulu saat masih single saya bisa kemana aja keliling Indonesia tapi sekarang pergerakan lebih terbatas karena masih sibuk mengurus bayi pertama sehingga saya pilih tempat liburan yang dekat-dekat saja. Bila bosan ke Malang saya akan melipir agak jauh ke Jawa Tengah yaitu di Klaten dan Solo tempat keluarga besar dari pihak Ibu saya, alhamdulillah juga sih tempat asal Ibu saya ini juga kota wisata yang terkenal juga kerap kali diliput oleh stasiun televisi, yakni desa wisata janti dimana ikon wisatan nya adalah pemandian yang air nya bersumber dari mata air dan pemancingan ikan, desa ini juga dikenal dengan desa minapolitan.

Nah disini saya akan berbagi pengalaman tentang kuliner favorit versi Ibu Petualang dari 5 kota yang pernah saya tinggali dan sambangi, cekidot ;D.

Ayam Bakar Gantari Blok M Jakarta

Rumah Makan Ayam Bakar Ganthari Blok M Jakarta

Salah satu pusat Mall yang terkenal di kota Jakarta adalah Mall yang berada di kawasan Blok M, Blok M adalah kawasan yang banyak orang akan mudah mengenali nya mungkin karena disana terdapat terminal bus kota tempat orang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bila jelang malam kuliner di kawasan Blok M ini akan menyala, 2 kuliner yang paling femes adalah Gultik dan Ayam Bakar Ganthari, karena Gultik saya belum pernah coba jadi saya akan review sedikit Ayam Bakar Ganthari (ABG) yang udah sering banget jadi tempat nongkrong saya bareng keluar dan teman-teman, oh ya anak-anak yang tinggal nya deket Blok M ini biasa dapet panggilan “anak nongkrong” oleh warga DKI sendiri haha.

Kenapa sih seneng banget nongkrong di ABG ;D?

Pertama deket banget dari rumah tinggal ngesot kalau janjian sama temen saya yang bakal dienakin pulang pergi nya hahaha soalnya saya paling susah diajak janjian ditempat jauh iwkwiwki banyak banget alesan jadi temen-temen yang akhirnya ngikutin kemana mau saya ihh makasih yaa kaliaan emang baikk. Kedua tempatnya strategis deket dengan Mall Blok M, Terminal Bus juga sentra kuliner lain nya. Lokasi ABG sendiri tepat di antara SMAN 6 Jakarta dan Mall Blok M, di belakang nya SMAN 70 dua SMA ini lejen banget dan paling femes di Jakarta karena yang sekolah artis-artis dan anak pejabat juga riwayat nya dua sekolah femes ini sering tawuran -_-. Saya sempat beberapa waktu mengajar di SMAN 6 Jakarta ya jadi wajar kalo saya juga sering makan di ABG ;p.

ABG ini punya 2 menu andalan yaitu Ayam Bakar nya sendiri dan Sop Iga Sapi nya. Sop Iga sebenarnya yang paling jadi favorit saya karena rasanya yang enak banget, daging iga nya juga banyak dan empuk. Untuk rasa ayam bakar nya sendiri lumayan enak sih menurut saya (lumayan hahaha belagu) daging nya gak alot, bumbu nya bakar nya kerasa dilengkapin dengan lalap plus sambel yang pedes banget menurut saya. Cuman tenang, ada menu Es Podeng yang juara dan saya sukaaaa banget karena rasa nya enak bikin nagih dan pasti bisa ngilangin pedes dalam sekejap ;p. Isian dari Es Podeng sendiri antara lain potongan roti tawar, ketan hitam, alpukat, jeli serut dan potongan tape. Isian ini kemudian ditutup dengan es pter vanila yang dingin dan lembut. Eit ga itu aja guys ternyata masih diberi toping taburan meses cokelat, kacang tanah dan juga siraman susu kental manis ah enaaaaak pokok nya kalian harus coba apalagi pas panas-panas hawa jakarta.

Sop Iga Ganthari Blok M Jakarta

Saya ngerasain harga ayam bakar nya dari 17.000 sampai 22.000 sekarang belum tahu masih sama atau udah naik secara uadah hampir 3 tahun saya tinggal di Surabaya. Untuk Sop Iga nya juga ngerasaain dari harga sekitar 25 ribu sampai terakhir saya coba udah 40.000 an aja ;D nah Es Podeng uara ini terakhir harga nya 10.000. Oya untuk minuman lain ada es jeruk, es teh, dan menu lain nya ada olahan ceker dan dimsum. Semua makananya enak kecuali ceker kaena saya ga suka ceker ;D.

Es Podeng Ganthari Blok M

Ini alamat lengkap Ayam Bakar Ganthari kalian harus coba karena ini terkenal banget dan rame, Jalan Bulungan blok C no 1, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, RT.11/RW.7, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130 Jam buka: Buka 10.00 ⋅ Tutup pukul 00.00 Telepon(021) 54144043. Kalau gak mau antri dateg aja pas weekday hindari di jam 6-7 malam karena jam rame rame nya.

Bakso Rusuk Palur Solo

Nah kalo lagi liburan ke Solo saya pasti sempatin mampir ke Bakso Rusuk Palur, untuk rasa dijamin gak mengecewakan ini terbukti dari testimoni nya suami yang penggemar bakso berat, doi bilang rasa nya enak banget menurut saya juga enak cita rasa daging di bakso nya terasa, daging di bagian rusuk nya empuk dan banyak, gak tahu kalo makan bakso ini rasa nya nikmat banget.

Bakso Rusuk Palur

Di Solo Bakso Rusuk Palur ada 2 tempat di daerah Palur nya sendiri dan cabang nya di Jl. Ahmad Yani Kartasura. Saya pernah makan di kedua nya, rasanya sama karena resep nya juga digadang gadang resep asli mbok Sadiyem. Cuma untuk kenyaman an tempat buat saya lebih nyaman makan di Bakso Rusuk Cabang Ahmad Yani, pertama karena lebih deket dari Klaten kedua disini ga serame di Palur jadi makan pun lebih nyaman dan gak perlu ngantri lama. Pengunjung bergantian gitu dateng nya ga yang tiba-tiba numplek.

Lokasi Bakso Palur Cabang Kertasura di Jl.Ahmad Yani

Menu Bakso Palur ada macem macem ya nanti bisa kalian cek ditempat tapi kalo menu bakso favorit saya ya bakso rusuk nya ini, untuk harga saya udah pernah ngrasain harga bakso rusuk palur dari 10.000 sampai terakhir kemarin 25.000, kalau untuk bakso yang ga pake rusuk sa yakin harga nya pasti lebih murah.

Lokasi 1 Bakso Palur ada Jl. Raya Palur No.64, Jurug, Dagen, Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57771 Jam buka:  Buka pukul 09.00 – 21.00 Senin-Minggu Telepon: 0857-7222-039. Jam buka: Buka pukul 09.00 – 21.00 Senin – Minggu Telepon: 0853-2852-3562

Lokasi 2 Jl. A. Yani No.5, Dusun II, Pabelan, Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57145

 Soto Bathok Jawa Tengah

Soto Bathok Jawa Tengah

Kalo kuliner ini banyak disekitaran desa saya, Cuma karena lokasi yang biasa saya makan ga terdetek google jadi saya kasih Soto Bathok lain yang paling populer di Klaten yaitu  Soto Bathok Mas Prapto atau kalian lagi main ke jogja dan semarang soto ini juga banyak yang jual. Awalnya nyoba karena keliatan unik penyajian menggunakan mangkok batok, serba batok lah dan ternyata rasa nya juga mantap dan murceeeee, murah banget gak sampe 10.000. Kalo lagi main ke klaten jangan lupa cobain yak ga nyesel deh.

Soto Bathok Mas Prapto Lokasi nya di Jl. Ki Pandanaran No.28, Ngipik, Danguran, Klaten Selatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57425 Jam bukaBuka pukul 07.00 hari 18.00 Senin-MingguTelepon0817-9490-055

Dimsum & Suki Xtra Lezat Surabaya

Ini dia favorit saya banget selama tinggal di Surabaya, udah ga kehitung berapa kali saya mampir di tempat ini, varian dimsum nya banyak rasa nya enak pelayanan nya lumayan cepat dan ramah. Dengan mengusung branding “Makan Sehat Harga Hemat” harga perporsi nya memang cukup terjangkau dibanding dimsum yang dijual di resto-resto sekitar 11.000-22.000, ini yang nama nya makanan murah tapi ga murahan saya berdua suami biasanya pesan 6-7 porsi varian dimsum dan ya ampun ini tuh udah kenyang banget karena biasanya saya pake nasi sih, makan dimsum aja untuk saya terlalu gurih jadi harus pake nasi buat netralin maklum yey orang Indonesia ga nasi ga nampol haha. Makan dimsum enak nya ditemenin sama ice lemon tea karena minumin ini bisa ngilangin eneuk dan bikin suasana makan jadi lebih enak, seger gitu deh cocok banget jadi temen dimsum.

Oya ada lagi menu yang bisa dimakan rame rame dan dimasak sendiri yaitu Suki. Kita bakalan dikasih panci sama kuah nya untuk isi kita pilih sendiri nanti dicemplung-cemplungin sambil dimasak diatas kompor yang akan disediaan pelayan nya. Untuk isian nya ada sayur dan olahan seafood, kita bisa pilih dari kulkas yang didisplay di ruang tengah untuk rasa saya belum pernah coba ahaha karena dulu pernah nyoba suki di Hanamasa tapi sepertinya lidah saya kurang cocok sama Suki agak hambar gitu ;D

Dimsum & Suki Xl bisa kamu temukan kalo kamu lagi main ke Surabaya di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.388, Kedung Baruk, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60298 Jam buka: 16.00-23.00 Senin-Minggu. Tempatnya dipinggir jalan besar keliahatan dari jauh juga warna nya merah-merah gitu ;D disekitarnya juga banyak kuliner lain jadi kalian yang lagi di area ini tapi lagi ga pengen makan dimsum atau yang beda selera bisa mlipir kesebelah..

Van Hoven Cafe & Resto Batu Malang

Nah ini dia tempat paling paling paling favorit banget saya datengin kalau lagi main ke kota Malang, namanya unik Van Hoven Cafe & Resto, Pertama denger terkesan berbau holand-holand gitu ya terus mikir uww pasti mahal nih resto gitu lhoh, etapi cuma kesan sekilas aja kok karena kalau diamatin lebih teliti sih sebenarnya cafe & resto ini sepertinya sebuah garasi rumah yang disulap jadi tempat makan yang penuh dengan kesan classic dan vintage. Satu komentar pertama yang keluar dari mulut saya adalah, kreatif karena sebenarnya yang dipakai sebagai bahan dekorasi bukan barang-barang yang mahal, malah mungkin barang bekas yang dikreasi ulang.

Nah bisa kalian lihat sendiri kan kesan vintage dan klasik nya kuat banget, dan saya biasanya senang memilih duduk di spot pojok yang ada dekorasi benda-benda lama dan buku. Alesan nya pertama menghindari asap rokok karena disini kebanyakan pengunjung seneng minum kopi biasanya penyuka kopi ga jauh dari rokok. Oya saya kurang menyarankan ya buat yang membawa bayi dan balita makan disini kecuali kondisi nya kalau lagi cukup sepi karena asap rokok sangat berbahaya untuk bayi dan balita karena imunitas mereka masih lemah. Alesan kedua disitu ada beberapa koleksi buku da koran yang bisa jadi bahn bacaan sambil menunggu pesenan makanan datang.

Spot Favorit
Suasana vintage yang kental
Santai terasa bagai dirumah

Oya pernah saya singgung diatas kalo tentang banyak pengunjung yang datang karena ingin ngopi, di cafe ini ada area bartender yang khusus untuk meracik kopi sehingga para pengunjung gak hanya disuguhkan dekorasi yang cozy dan terasa kaya dirumah tapi juga atraksi pembuatan beragam kopi nusantara. Nah kalian bisa liat dari gambar di bawah ini si mas bartender lihai banget doi ngeracik minuman kopi, mas ini kayanya penggagas dari Van Hoven Cafe and Resto yang sebelumnya adalah Warung Ayam Bakar Bu Yani, empat kali kesini selalu ketemu mas ini dengan senyum ramah nya di meja kasir dan area bartender. Untuk rasa kopi nya kata ayah sama suami yang pernah coba rasanya enak rasa dan aroma kopi asli nya kuat cocok banget deh bagi kamu para penggemar kopi untuk datang kesini. Disini juga tersedia free wifi lhoh heheu kurang lengkap apa acara ngopi dan makan kamu guys ;D.

Mas bartender sedang asik meracik aneka minuman kopi

Berikut saya bantu tampilkan aneka menu makanan dan minum dari Van Hoven Cafe and Resto ternyata makanan nya ga makanan holand holand kok tetep makanan lidah orang Indo, jangan kaget ya kalau harga nya tuh murah-murah banget, makan enak puas kenyang gak bikin dompet kempes, keluar dari sini bawaan nya jadi hepi hahaha. Udah sebagian besar menu nya saya coba semuanya enak, nah cuaca kota batu kan dingin saya saranin nyobain soto ayam sama mie goreng kuah nya bikin anget badan ;D. Untuk camilan nya juga beragam dan yang jadi favrit saya tahu gejrot nya rasanya pedes manis gurih khas tahu gejrot, kalau pak suami pasti selalu mesen camilan Ceker Halilitar karena doi penggemar ceker pedes dan ini bakal jadi tontonan wajib saya kalo di cafe ini walaupun ga seneng ceker tapi seneng banget liat pak suami seru bener makan ceker halilintar  klothak klothak sampe banjir-banjir keringat ;D.

Lokasi Van Hoven Cafe and Resto ada di Jl. Pangeran Diponegoro, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur ancer ancer nya gak jauh dari belokan masuk ke arah Wisata Taman Bunga Selecta yang terkenal itu dan biasanya saya habis dari Selecta pasti mampir ke cafe Van Hoven udah ngerasa wajib kayak nya ha ha. Jam buka: Buka pukul 10.00 – 22.00 Senin-Minggu. Telepon: 0822-8078-9959.

Kalau diamatin menu makanan yang dominan saya kebanyakan yang berkuah ya ;D? suka banget sih saya sma makan berkuah tuh apalagi kuah nya kuah kaldu wuww sedap, plus bikin makan gak seret karena saya termasuk tipe orang yang kurang nyaman sama makanan kering bikin seret tenggorokan ;D. Udah cukup bikin ngiler ga makanan makanan di atas? kalo kamu lagi ada diantara 5 kota yang saya sebut tadi jangan lupa mampir ke Warung Ayam Bakar Ganthari Jakarta, Bakso Rusuk Palur, Soto Bathok Klaten, Dimsum dan Suki Xtra Lezat Surabaya dan Van Hoven Cafe and Resto Batu Malang.

Makasih udah berkunjung di blog nya LH.Dini ;D, sampai jumpa di review tempat makan berikut nya, salam gembul ;D

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here